10 Pengaturan Penting WordPress

By -

10 Langkah Setelah Install WordPress

Apa yang harus dilakukan setelah memasang wordpress? Pertanyaan ini sering kali muncul setelah selesai memasang wordpress sebagai CMS ( content management system ) website, oleh karena itu berikut ini adalah 10 langkah yang dapat dilakukan sesaat setelah wordpress selesai di install.

10 langkah ini umumnya tetap sama bagi sebagian besar wordpress karena merupakan pengaturan awal optimalisasi wordpress sebelum melangkah pada SEO ( Search Engine Optimization ) agar website ramah terhadap mesin pencari.

Langkah 1 : Pengaturan Title, Tagline, Time Zone dan Favicon

Pengaturan untuk 3 hal pertama dapat dilakukan pada halaman menu Settings > General

Title-and-tagline

Silakan mengubah isi dari Site Title dan Tagline sesuai dengan judul dan deskripsi singkat website ini mengenai apa.

Turun ke bagian bawah sampai dengan menemukan pengaturan zona waktu atau timezone seperti gambar di bawah ini

Time-Zone

Sesuaikan zona waktu yang diinginkan contoh : Jakarta. Fungsi pengaturan ini sangatlah penting karena berhubungan dengan ketepatan akurasi waktu pada website dan juga menjadi acuan untama apabila mempergunakan posting terjadwal.

Jangan lupa setiap selesai melakukan perubahan simpan dengan memilih Save Changes.

Pengaturan terakhir pada halaman ini adalah mengatur favicon yang akan tampil pada bagian kiri pada judul website di browser. Untuk melakukan hal ini, silakan merujuk pada hasil pencarian google dengan kata kunci ” favicon generator “untuk membuat favicon yang diinginkan.

Langkah 2 : Struktur Permalink SEO

Struktur permalink bawaan dari wordpress tidaklah ramah terhadap mesin pencari, oleh sebab itu perlu dilakukan perubahan agar ramah dengan mesin pencari. Untuk melakukan ini silakan membuka menu Settings > Permalinks dan pilih Post Name

Permalink Setting

Langkah 3 : Pengaturan Settings Reading

Reading Settings ‹ RSS Summary

Silakan buka menu Settings > Reading untuk mulaimelakukan perubahan pengaturan yang terdapat pada halaman ini. Biarkan semua tetap sesuai dengan bawaan wordpress kecuali pada bagian ” For each article in the Feed,show “  pilih Summary hal ini dilakukan untuk mencegah RSS menampilan satu halaman tulisan penuh.

Langkah 4 : Hapus Themes Yang Tidak Terpakai

Sebagian besar pengguna akan memasang banyak themes sebelum memutuskan akan mempergunakan yang mana. Setiap themes yang berada di wordpress pada suatu waktu akan melakukan pembaharuan atau updates dan memberikan notifikasi dimana hal ini mungkin sedikit membuat tidak nyaman oleh sebab itu lebih baik dihapus. Alasan lain kenapa hal ini perlu dilakukan adalah, apabila themes tersebut terdapat celah keamaan dan tidak segera melakukan update, maka akan membuka celah bagia orang jahat untuk dapat masuk kedalam website.

Deleted Themes

Untuk dapat menghapus themes yang tidak terpakai dapat dilakukan melalui menu Appearance > Themes arahkan krusor pada themes yang akan dihapus dan pilih Theme Details akan tampil halaman baru dan opsi Delete akan berada di sana.

Langkah 5 : Install Cache Plugin

Guna mempercepat akses website maka diperlukan cache plugin. Dan dua plugin dibawah ini merupakan plugin yang paling banyak dipergunakan dan selalu terbarukan.

  • w3-total-cache, plugin ini merupakan salatu satu yang paling terkenal dan banyak dipergunakan oleh pengguna wordpress. Terdapat banyak fitur didalamnya yang dapat diatur agara dapat membuat akses menuju website menjadi ringan.
  • wp-super-cache, Dibandingkan dengan plugin diatas, plugin ini relatif lebih mudah dan sederhana serta tidak memerlukan banyak pengaturan seperti plugin diatas.

Langkah 6 : Memperkuat Keamanan WordPress

Guna memperkuat kemanan untuk wordpress, maka diperlukan plugin yang dapat melakukan itu. dan berikut ini adalah beberapa plugin yang dapat dipergunakan.

Langkah 7 : Install Anti-Spam Plugin

Mendapatkan serangan spam merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan bagi setiap pengguna wordpress. Dampak dari spam tidak hanya menjengkelkan akan tetapi juga dapat berdampak pada SEO ( search engine optimization ) .Untuk mengatasi hal ini, silakam memilih salah satu dari 2 plugins yang ada.

  • A-Kis-Met, untuk dapat mempergunakan ini harus memiliki akun di wordpress.org
  • Antispam Bee, merupakan plugin anti spam yang bebas dipergunakan. Meskipun tidak setangguh A-Kist-met plugin ini masih dapat diandalkan.

Langkah 8 : Memasang Yoast WordPress SEO Plugin

SEO adalah bagian penting dari situs web. Untuk memastikan bahwa posting blog akan mendapatkan hasil yang maksimal, maka perlu mengoptimalkan mereka menggunakan plugin SEO. WordPress SEO by Yoast merupakan salah satu yang paling banyak dipergunakan.

[ Baca : Bagaimana Cara Memasang Yoast WordPress SEO Plugin ]

Langkah 9 : Sosial Media Share

social_media

Cara paling mudah melakukan ini adalah dengan memasang plugin yang dapat secara otomatis melakukan sosial share sendiri. Selain itu, karena banyak sekali Sosial Media Share yang tersedia dan banyak sekali yang tidak terbarukan, hal ini dapat menimbulkan resiko website menjadi lambat dan lainnya.

Berikut adalah daftar plugin yang dapat dipergunakan :

Langkah 10 : Start Scheduling Regulated

Memerlukan beberapa waktu untuk mengatur keseluruhan website oleh karena itu melakukan backup merupakan pilihan yang sangat tepat, dan berikut ini adalah daftar plugin yang dapat dipergunakan.

Ringkasan

10 langkah di atas merupakan pengaturan vital dan pertama yang harus dilakukan untuk website yang menggunakan CMS WordPress. Selain 10 langkah ini, masih terdapat banyak hal yang dapat dilakukan dengan wordpress akan tetapi 10 langkah ini merupakan pondasi utama.

 

 

 

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

3 Comments to 10 Pengaturan Penting WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *