10 WordPress Plugin Untuk Optimasi Gambar dan SEO

By -

10 Plugin Optimasi Gambar Untuk SEO dan Membuat Akses WordPress Lebih Cepat

Melakukan optimasi gambar pada wordpress tidak hanya membantu membuat wordpress lebih cepat saat diakses, akan tetapi juga berdampak langsung terhadap SEO ( Search Engine Optimization ).

Gambar dengan resolusi besar biasanya dipergunakan untuk membuat website terlihat lebih bagus akan tetapi konsekuensi dari ini adalah waktu membuka website akan lebih lama dan cenderung melambat. Untuk itu melakukan optimasi terhadap gambar sangat diperlukan dan wajib.

Untuk itu berikut ini adalah daftar plugins untuk wordpress yang dapat dipergunakan untuk melakukan optimasi gambar dan SEO pada website anda, berikut daftarnya :

[ Baca Juga : 10 Pengaturan Penting WordPress ]

WP Smursh.it

smush

Daftar plugins berikut kita mulai dengan WP Smursh It yang telah banyak dipergunakan oleh pengguna wordpress.

Pada edisi gratis, WP Smursh It mampu mengecilkan ukuran gambar sampai dengan 1mb dengan tidak terlalu mengorbankan kualitas gambar. Situs optimasi website seperti Gtmetrix.com merekomendasikan WP Smursh it sebagai salah satu cara melakukan optimasi pada wordpress.

EWWW Image Optimizer

ewww-image-optimizer

EWWW image optimizer akan otomatis melakukan optimasi terhadap gambar pada saat proses upload berlangsung. Selain itu, gambar yang telah di upload sebelum plugins ini terpasang juga dapat dilakukan optimasi.

CW Image Optimizer

cw-image-optimizer

Cara bekerja dari CW Image Optimizer hampir serupa dengan EWWW Image Optimizer yang secara otomatis melakukan optimasi begitu proses upload telah selesai dilakukan dan juga dapat melakukan optimasi terhadap gambar yang telah di upload sebelumnya.

Plugin ini dikembangkan berbasis dari WP Smush it yang menggunakan layanan Yahoo! Inc. Smush it. CW Image Optimizer menggunakan littleutils yang berada di Linux untuk melakukan optimasi terhadap gambar.

Install littleutils tidak akan mudah bagi pemula, dan juga memerlukan terminal akses ke server dimana mayoritas layanan web hosting tidak memperbolehkan hal tersebut.

Imsanity

imsanity

Jangan bingung dengan nama dari plugin ini yang sedikit nyleneh. Imsanity tersedia secara gratis, kemampuan dari plugin yang satu ini bisa dikatakan sedikit “gila” dalam kemampuan mengecilkan ukuran gambar.

Fitur yang menarik dari Imsanity adalah kemampuan untuk mengatur ukuran lebar, tinggi dan kualitas dari gambar selain itu, plugin ini juga dapat melakukan konversi dari berkas BMP ke JPG sehingga gambar dapat diubah ukuranya.

Hammy

hammy

Apabila website yang dibangun fokus kepada desain yang responsive, plugin ini merupakan pilihan tepat untuk berada pada wordpress. Plugin ini melakukan duplikasi terhadap gambar anda menjadi ukuran yang lebih kecil. Saat pengunjung mengunjungi website maka akan disuguhkan gambar yang sesuai dengan perangkat yang dipergunakan, sehingga waktu membuka halaman website akan relatif lebih cepat, terutama untuk pengguna smartphone.

PB Responsive Images

pb-responsive-images-800x260

Plugin ini akan otomatis melakukan perubahan terhadap semua format gambar sesuai dengan yang diusulkan oleh komunitas desain reponsif yang berada di w3.org.

Setiap gambar akan di format ulang sesuai dengan kaidah dari CSS ( Cascade Style Sheet ) yang dapat memberikan banyak fleksibilitas dalam berbagai hal.

SEO Friendly Images

seo-friendly-images

SEO Friendly Images akan otomatis menambahkan ALT dan atribut Title yang tepat untuk membantu meningkatkan performa SEO pada mesin pencari. Atribut dari ALT akan terbaca oleh mesin pencari sedangkan Title akan otomatis muncul saat pengguna menaruh kursor di atas gambar tersebut.

[ Baca Juga : Bagaimana Cara Memasang Yoast WordPress SEO Plugins ]

Media File Renamer

media-file-renamer

Media File Renamer memungkinkan pengguna untuk mengubah nama dari gambar dan otomatis mengubah naman dari tautan yang terdapat pada tulisan yang terkait.

Mesin pencari seperti Google sangat memperhatikan deskripsi dan kata kunci oleh sebab itu memberikan deskripsi dan kata kunci yang tepat pada gambar merupakan sebuah keharusan.

Sekarang anda memiliki referensi mengenai optimalisasi gambar untuk membuat gambar dari website ramah terhadap mesin pencari dan memberikan kenyamanan terhadap pengunjung untuk membuka website dengan sedikit lebih cepat.

[ Baca Juga : Inilah 10 WordPress Themes Gratis 2015 ]

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

1 Comment to 10 WordPress Plugin Untuk Optimasi Gambar dan SEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *