5 Perintah Dasar String Linux yang Tidak dimiliki Persamaannya di Windows

By -

Apakah String Itu?

String didefinisikan secara sederhana sebagai “karakter” setara dengan huruf. Dalam dunia komputer dan pemrograman komputer, string menjadi obyek yang akan dikenai manipulasi dan modifikasi. Berasal dari input / masukan, string tersebut akan diolah dan menjadi keluaran, yang dimunculkan dalam bentuk format : hardprint, keluaran monitor, dan lain sebagainya.

Linux Command

Linux memiliki perintah-perintah dasar yang juga berfungsi untuk melakukan manipulasi string. Berbeda dengan Windows, Linux memiliki dasar perintah justru berdasar text-command-line, yang kemudian digrafiskan. Pada artikel ini dipaparkan 10 perintah dasar Linux yang tidak dimiliki persamaannya pada Windows. Dikatakan perintah dasar, karena perintah ini selalu ada dalam linux meski dalam wujud instalasi yang minimalis.

grep

Grep adalah filter kata. Digunakan untuk menangkap kata tertentu yang ada dalam sebuah file atau keluaran tertentu. Susunan umumnya adalah sebagai berikut:

Contoh:

Keluarannya adalah seluruh isi file /etc/passwd yang barisnya mengandung karakter “sh”

Grep juga dapat digunakan sebagai perintah lanjutan seperti

Maksudnya adalah, keluaran perintah sebelah kiri, ( ls -al /home/ ) dijadikan masukan bagi perintah sebelah kanan, yaitu dengan difilter yang mengandung kata ensiklo nya.

sed

sed, adalah stream editor. Perintah sed, mampu melakukan manipulasi file langsung tanpa membukanya, misal keperluan find replace, pengisian, penambahan, penghapusan, dalam satu kali buka. Sed juga dapat bekerja seperti grep, yaitu bekerja dengan obyek tidak selalu file, tapi keluaran perintah lain.

Contoh:

Artinya, dilakukan pencarian kata Aku, yang akan diganti dengan Kamu, terhadap file /home/ensiklo/pembaca

xargs

Xargs merupakan perintah yang digunakan untuk memanipulasi dari keluaran sebelumnya. Perintah xargs cukup banyak memiliki opsi penggunaan. Contoh di bawah ini menunjukkan bagaimana cara melakukan penghapusan file dari file yang ditemukan. Misal:

Artinya, bahwa sedang dilakukan pencarian file bernama *.php yang mengandung kata base64, dan keluarannya dikenai aksi hapus.

tail

Perintah tail, adalah menampilkan bagian belakang dari sebuah file. Secara standard ( default ), tail memunculkan 10 baris terakhir. Jika dikehendaki lebih banyak atau berbeda, maka dapat dilakukan dengan opsi -n

Misal akan ditampilkan 20 baris:

Perintah tail juga dapat digunakan secara terus menerus, jika terjadi perubahan file, dengan penambahan baris, maka akan ditampilkan juga. Perintah ini akan aktif hingga dilakukan terminasi (Ctrl + C)

cut

Perintah cut, digunakan untuk melakukan pengambilan karakter yang dikelompokkan berdasar kolom. Perintah contohnya adalah :

Perintah tersebut menghasilkan seluruh baris, pada kolom ketiga yang pembentukan kolomnya dipisahkan dengan tanda ‘ ‘ (spasi). Perintah ini juga banyak opsi, tentu perintah ini juga dapat digunakan bersama perintah lain.

ensiklo

Tukang panggul perangkat keras dan perangkat lunak yang memiliki hobi minum kopi, dan juga bekerja sebagai OB --Ofifice Boy serta menulis di www.bimosaurus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *