5 Perintah Manajemen Sumber Daya Linux Networking

By -

(1) top

Adalah perintah yang digunakan untuk melakukan penampilan proses-proses, beserta dengan jumlah memori yang tersedia dan terpakai. Perintah top menampilkan tabel-tabel proses yang dalam windows bisa disamakan dengan task-manager. Perintah top, secara default akan berjalan terus-menerus, dan baru akan berhenti ketika diketik “q”. Perintah top ini memiliki banyak opsi dan fungsi, baik untuk melakukan sorting maupun fungsi-fungsi PID yang lain.
ensiklo4

(2) ps

Perintah ps adalah processlist. Menampilkan proses yang berjalan pada sebuah sistem operasi linux. Perintah ps sendiri jika diberikan tanpa opsi tambahan maka hanya akan memunculkan daftar proses “ps” itu sendiri dan yang saat itu dikerjakan oleh user yang mengetikkan ps. Perintah ps biasanya akan sering digunakan dengan opsi “ps ax”. Biasanya akan memunculkan proses lengkap yang terjadi dalam komputer. Perintah ini biasa juga dikombinasi dengan “grep”. Seperti :

Seperti padah bahasan sebelumnya, grep adalah melakukan filter string. Hanya akan memunculkan hasil yang difilter saja.

(3) df

Perintah df adalah : disk-free, atau menampilkan kapasitas seluruh partisi yang digunakan oleh Linux. Akan menampilkan jumlah terguna, persentase, dan sisa kapasitas dari partisi linux berdasar mount-point. Perintah ini biasa digabungkan dengan opsi “ah”. Filter grep juga dapat dimainkan disini.

(4) du

Hampir mirip dengan df, du ini memunculkan disk usage dari direktori tertentu. Memudahkan kita untuk melakukan pemeriksaan disk yang penuh. Memiliki banyak opsi juga, namun du sudah cukup dapat dipergunakan dengan tambahan object direktori di belakangnya. Kadang untuk keperluan perhitungan dan record, output du diarahkan pada file tertentu.

(5) netstat

Netstat memang merupakan perintah network, merupakan singkatan dari network status. Menampilkan status hubungan komputer kita terhadap pihak lain. Jika kommputer kita sedang diakses dengan melalui protokol http, maka akan terdapat record tabel yang menampilkan bahwa komputer kita sedang diakses port 80 nya. Opsi yang dimiliki netstat cukup banyak.

-u = udp
-t = tcp
-n = numerical (menampilkan hasil dalam bentuk angka, bukan domain atau nama protocol)
-a = all
-p = protocol
-l = listen

ensiklo6
Seperti dalam gambar, netstat memiliki kolom-kolom tabel:

  • Protocol
  • Local Address
  • Foreign Address
  • State
    1. Listen : Komputer kita membuka protokol sebagai server
    2. Established : Koneksi terjadi antara dua pihak, foreign Address dan Local Address
    3. Flag : Paket ditandai
    4. Time Wait : Proses menunggu
    5. Close Wait : Proses selesai
    6. Finished : Koneksi diakhiri

Perintah ini sering digabungkan juga dengan filtering dan dihitung jumlah hit saat itu, contoh adalah:

Mengapa harus teks?

Perintah linux didominasi dengan perintah teks. Berbeda dengan windows yang berbasis GUI. Kebutuhan linux adalah kebutuhan server tanpa GUI, yang dapat menghemat bandwidth. Fungsi lainnya adalah, dengan masukan dan keluaran berupa teks, seluruh perintah linux sangat mungkin digunakan di dalam program berbasis script.

Tukang panggul perangkat keras dan perangkat lunak yang memiliki hobi minum kopi, dan juga bekerja sebagai OB --Ofifice Boy serta menulis di www.bimosaurus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *