Asal-usul Hari System Administrator

By -

Apa itu SysAdminDay

Dalam dunia IT terutama di kalangan komunitas, dikenal sebuah hari yang dinamakan SysAdminDay atau hari System Administrator. System Administrator adalah sebuah profesi dalam bidang Teknologi Informasi dengan deskripsi pekerjaan menangani sistem komputer, mulai dari hardware, software, jaringan atau network, Operating System, server, web, database, virus, gangguan komputer, dan sejenisnya. Hari System Administrator ini telah dimulai sejak tahun 2000 yang dimulai dengan adanya iklan pada sebuah majalah Hewlett-Packard, yang menyarankan memberikan bingkisan pada orang yang telah memperbaiki sistem komputer kita. SysAdminDay diletakkan pada sebuah hari Jumat terakhir pada bulan Juli, yaitu sebuah hari terakhir bekerja pada bulan Juli, yang di Amerika termasuk bulan yang paling sibuk untuk seorang System Administrator. Hari itu, dianjurkan diberikan penghargaan bagi para System Administrator. Hari itu disebut SysAdminDay, atau disingkat SAD, atau SAAD (System Administrator Apreciation Day).

System Administrator ini pada umumnya memiliki meja kerja dekat dengan gagang telepon, siap menerima telepon setiap saat, baik telepon dari teman-temannya maupun telepon dari client perusahan tempat dia bekerja. Semua memiliki nada sama : melakukan permintaan / request tentang system. Hardware rusak, IP address conflict, virus, serangan web, flooding, gangguan jaringan, DOS, data rusak, hardisk rusak, listrik mati mendadak, resiko petir adalah pekerjaan tiap hari dari seorang system administrator sebagai seorang yang menjaga seluruh sistem dari accidental risk.
saad

Menyiapkan mitigasi disaster di bidang teknologi informasi pada lingkungan pekerjaannya adalah tugas seorang System Administrator. Menyiapkan sistem backup, melakukan rsync, mengusulkan update UPS, mempersiapkan genset, melakukan setting NAS server, melakukan monitoring jaringan, lembur di kala karyawan lain tertidur untuk melakukan pemantauan traffic web adalah tanggung jawab para system administrator. Menyiapkan topologi datacenter, merancang cabling, melakukan perapian kabel, adalah tugas yang semestinya dilakukan oleh system administrator.
IMG_20150728_064223

Kadang, sysadmin sebagai seorang manusia biasa, harus bekerja trial and error, mencoba dan selalu melewati kegagalan. Dia mencoba dan gagal, hingga akhirnya menemukan metoda suksesnya sendiri. Kadang, seorang sysadmin yang menjadi tumpuan curhat komputer teman-temannya, adalah seorang yang sangat ahli mendengar curhat temannya. Saat dia tidak bisa, setidaknya dia adalah seorang pendengar yang baik.

Happy #SysAdminDay July 31, 2015

Tukang panggul perangkat keras dan perangkat lunak yang memiliki hobi minum kopi, dan juga bekerja sebagai OB --Ofifice Boy serta menulis di www.bimosaurus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *