Bagaimana Cara Memasang Yoast WordPress SEO Plugins

By -

Panduan Memasang Yoast WordPress SEO

Ini adalah panduan untuk melakukan konfigurasi pada plugin Yoast WordPress SEO (search engine optimizer) plugin. Panduan ini dibuat pada versi 2.0 dan saat ini versi plugin adalah 2.1, akan tetapi tidak banyak terjadi perubahan didalamnya sehingga panduan ini masih relevan.

Setiap topik mengenai mana yang terbaik antara Yoast WordPress Seo dan All-in-one SEO, WordPress SEO oleh Yoast selalu menjadi yang paling unggul. Setiap orang yang mempergunakan All In One SEO plugin mengetahui bahwa Yoast WordPress SEO plugin memiliki banyak kelebihan.

Plugin ini memiliki banyak fitur yang terintegrasi seperti Meta robots plugin, RSS footer plugin dan lain sebagainya. Karena plugin ini menawarkan banyak fitur untuk dapat memasang secara optimal sedikit membutuhkan waktu lebih, oleh karena itu panduan ini dibuat dan ditujukan untuk membantu.

Panduan Untuk Melakukan Konfigurasi Yoast WordPress SEO

WordPress SEO oleh Yoast merupakan nadi utama untuk optimalisasi wordpress pada mesin pencari. Namun, untuk dapat melakukan pengaturan yang tepat akan sedikit susah bagi pemula dan siapa saja yang belum memiliki pengetahuan dasar mengenai SEO. Pengaturan yang tidak tepat dapat berakibat mesin pencari tidak dapat melakukan pengindeksan terhadap website. Dan berikut ini adalah beberapa fitur yang terdapat didalamnya :

  • Melakukan verifikasi pada Google, Bing dan Alexa
  • Pengaturan Title meta
  • Menyembunyikan RSD, WLW, Shortlinks dari head
  • Meta kontrol untuk Taxonomies dan author page
  • Mendukung Facebook Open Graph
  • Membuat sitemap otomatis
  • Pengaturan tingkat lanjut untuk permalinks
  • Mendukung Breadcrumbs
  • Pengaturan RSS Feed untuk footer
  • Impor pengatudan dari plugin SEO lainnya
  • Edit berkas .htaccess
  • Menyembunyikan tanggal dari snippets mesin pencari
  • Menambahkan Gogle authorship untuk single author

Panduan Lengkap Pengaturan Yoast WordPress SEO Plugin

Apabila telah menggunakan dan aktif plugin SEO seperti All in One SEO, All In On SEO lama, Headspace 2 maupun plugin lain yang dibuat oleh Yoast seperti RSS footer, Robots meta atau Yoast Breadcrumbs, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan impor pengaturan dari setiap plugin tersebut ke plugin ini.

Setelah melakukan pemasangan dan aktivasi WordPress SEO by Yoast, buka menu SEO > Import dan Export yang terdapat pada bagian bawah di panel sebelah kanan dan pilih dari plugin mana impor pengaturan akan dilakukan. Sangat disarankan sebelum melakukan ini untuk melakukan backup database terlebih dahulu dan memilih opsi “Delete the old data after import? (disarankan)”.

 

Import Setting to WordPress

Import Setting to WordPress

 

Langkah 1 : WordPress SEO Dashboard

Hal pertama yang harus dilakukan pada plugin ini adalah melakukan verifikasi situs seperti Google, Bing, Alexa, Pinterest dan Yandex.

SEO-by-yoast-Dashboard

Langkah 2 : Titles and Meta Settings – General

Bagian ini merupakan bagian yang paling penting dari plugin ini, penjelasan detail akan disertai dengan tangkapan layar. Setiappenjelasan akan opsi yang dipilih akan berada di bawah setiap tangkapan layar.

General-Title-and-metas-setting

Opsi diatas merupakan opsi umum yang sering dipergunakan, untuk opsi “use meta keyword tag” tidak usah di pilih, karena Google secara resmi tidak lagi memperdulikan meta tags keyword.

Selanjutnya pindah pada bagian Home

Titles and Meta Settings – Home

WordPress-Home-SEO

  • Title template : judul yang akan ditampilkan pada halaman Google Search
  • Meta Description : deskripsi untuk mesin pencari
  • Meta Keyword : menambahkan target kata kunci untuk website
  • Author Metadata : Akun Google plus yang akan dipergunakan sebagai Author
  • Google Publisher : Masukan url akun Google plus

Titles and Meta Settings – Post-Type

WordPress-post-Page-SEO-Settings

Pada bagian ini merupakan pengaturan SEO untuk post, page dan media. Untuk mengetahui apa saja template yang dapat dipergunakan silakan melihat pada bagian help. WordPress SEO by Yoast secara bawaan akan otomatis menyembunyikan tanggal dari snippets mesin pencari dimana ini berguna untuk konten-konten yang bersifat jangka panjang.

Titile and Meta Settings – Taxonomies

Pada bagian ini tags dan kategori tidak akan diperbolehkan di indeks oleh mesin pencari, oleh karena itu perubahan pada template diperlukan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, contoh : %%term_title%% Achives %%page%% %%sep%% %%sitename%%

Title and Meta Settings – Other

Pada bagian ini, pilih “ Noindex “ dan “Follow” dan biarkan opsi yang lain sesuai dengan bawaan.

Title and Meta Settings – Social Settings

Pada SEO Yoast 2.0, sudah disertai dengan fitur Google Knowledge Graph. Setiap pencarian terhadap situs atau brand kita, maka profile sosial media akan ditampilkan. Silakan menambahkan semua akun sosial media pada bagian ini.

KnowledgeGraph

Langkah 3 : XML Sitemap

Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Sitemap pada bagian ini dan akan otomatis ditangani oleh plugin dan setiap permintaan sitemap.xml akan diarahkan menuju sitemap_index.xml.

XML-Sitemaps-file

Langkah 4 : Permalink

Pengaturan permalink berada pada menu Permalink, untuk konfigurasi sesuaikan seperti gambar di bawah ini.

Permalink-WordPress-SEO-by-yoast

Setelah melakukan semua pengaturan sesuai dengan langkah di atas, jangan lupa untuk selalu memerikan Google Rich Snippets Tools untuk melihat apakah terjadi error atau tidak. WordPress SEO by Yoast merupakan salah satu SEO plugin yang terbaik saat ini dan tersedia dengan gratis dan premium.

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

1 Comment to Bagaimana Cara Memasang Yoast WordPress SEO Plugins

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *