Bagaimana Mengganti DNS pada MacOS ke DNS Google atau Open DNS

By -

Pengguna jasa Penyedia Internet (ISP) secara tidak langsung terhubung dengan istilah Domain Name System (DNS). Meski tidak semua orang akrab dengan istilah ini, namuan mengetahuinya akan sangat membantu. Saat sebuah komputer dalam jaringan internet memanggil alamat tertentu, komputer akan melakukan permintaan (request) alamat IP (Internet Protocol Address) dari sebuah nama domain ke server DNS tertentu. Server DNS akan memberikan jawaban ke komputer yang meminta. Komputer kemudia memproses jawaban server DNS tersebut untuk membuka laman website yang diinginkan.

Sebagai contoh, ketika pengguna internet speedy memanggil alamat ensiklo.com, komputer tersebut meminta DNS speedy untuk menunjukkan alamat IP server penyimpanan website tersebut. Server DNS speedy akan menunjukkan kepada komputer alamat IP untuk diproses. Dengan logika tersebut, maka kualitas server DNS sangat menentukan kualitas akses data menunju website yang diinginkan.

DNS Alternatif

Seperti dijelaskan sebelumnya, kualitas DNS menentukan kualitas akses data. Pengguna ISP bisa mengganti DNS bawaan (default) menjadi DNS tertentu yang diinginkan. Terdapat banyak layanan DNS yang terkemuka, seperti OpenDNS. Google Kini memiliki DNS sendiri yang mungkin digunakan oleh pengguna internet sebagai alternatif DNS bawaan ISP.

Mengapa DNS Google?

Google masih menjadi pemain utama pertukaran informasi di dunia internet. Keampuhan mesin pencari Google dengan kemampuan mengindeks laman-laman website di dunia menunjukkan kekuatan teknologi google. Penggunaan DNS Google dapat membantu anda mempercepat proses request komputer pada alamat tertentu. Google dengan kekuatan pengindeksan akan lebih membantu komputer anda dibandingkan dengan DNS bawaan ISP. Dengan mengganti DNS menjadi DNS Google, anda akan membantu kinerja komputer anda untuk mengakses informasi laman website tertentu.

Langkah-langkah Mengganti DNS pada MacOS

Prosedur penggantian DNS pada MacOS cukup mudah. Beberapa langkah sederhana dapat dilakukan. Ikuti langkah berikut ini:

Langkah 1: Membuka “Network Preferences”

Menu network preferences ada pada bagian setting pada MacOs anda. Sebagai shortcut, anda dapat langsung menggunakan pintasan pada panel di atas. Perhatikan gambar berikut ini:

Mengganti DNS

Network preferences pada MacOS

Setelah membuka Laman tersebut, anda akan menyaksikan laman berikut ini. Pilihlah Menu “advenced”.

Ganti DNS MacOs

Pilih menu advanced

Setelah laman baru terbuka, pilihlah tab DNS. Setelah itu Anda akan menemukan laman daftar DNS. Anda dapat mengurangi atau menambahkan DNS sesuai dengan kebutuhan.

Mengubah DNS Google

Laman Advanced

Mengganti DNS

Setelah laman Tab DNS anda buka, anda akan melihat layar yang berisi daftar DNS yang sudah anda gunakan. Anda dapat menghapus DNS dengan mengklik aitem DNS dan menekan tombol minus (-). Jika ingin menggantikan DNS yang terdaftar secara langsung, lakukan klik dua kali pada aitem DNS lalu ketikkan DNS yang anda inginkan. Anda dapat menambahkan DNS dengan menekan tombol plus (+) pada laman tersebut.

Pengurutan DNS juga dapat dilakukan. Klik DNS yang paling atas lalu seret ke urutan yang anda inginkan.

Mengganti DNS Open DNS

Laman perubahan DNS

Mengganti ke DNS Google

Jika anda ingin menggunakan DNS Google, masukkan atau tambahkan alamat DNS yang dilambangkan dalam angka berikut ini:

  •  8.8.8.8, dan atau
  • 8.8.4.4.

Mengganti ke DNS OpenDNS

Seperti mengganti DNS menjadi DNS Google, anda dapat pula mengganti DNS terdaftar ke DNS OpenDNS. Adapun alamat DNS OpenDNS adalah sebagai berikut:

  • 208.67.222.222
  • 208.67.220.220

Pastikanlah anda mengklik menu “OK” setelah mengganti DNS. Selain itu, pastikan anda menekan tombol “apply” pada laman advanced. Selamat mencoba.

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *