Bekerja dengan Linux Mint Live USB

By -

Distro-distro sistem operasi Linux bertebaran dengan munculnya banyak varian. Salah satu variannya adalah linux Mint yang merupakan keturunan Ubuntu, dengan Ubuntu sendiri adalah jenis-jenis Linux keturunan Debian, atau menggunakan manajemen paket jenis “.deb”. Linux Mint diciptakan untuk mempermudah pengguna Windows yang merasa butuh bereksodus ke Linux. Dengan tampilan user-friendly yang baik, didukung dengan adanya komunitas yang besar, Linux Mint berkembang hingga versi 17 saat ini, dengan Release Name “Rafaela”.

Unetbootin

Linux Mint juga berusaha mempermudah pengguna sistem operasi lain, untuk mencoba Linux Mint tanpa harus melalui instalasi, yaitu dengan cara penggunaan Live USB. Linux Mint diinstal ke dalam USB, dan dibooting melalui komputer, dan saat Linux Mint aktif, komputer dapat sambil digunakan bekerja. Untuk menggunakan Linux Mint dalam mode USB, dapat dibantu dengan menggunakan program bernama ‘Unetbootin’ yang tersedia dalam paket instalasi Windows, ataupun Linux.

Instalasi USB dengan Unetbootin

Untuk melakukan instalasi Linux Mint pada USB dengan Unetbootin, hanya perlu disediakan image iso Linux Mint versi terakhir. Dengan membuka Unetbootin, maka akan muncul tampilan sebagai berikut
unetbootin1

Selanjutnya, dapat dipilih ISO Linux Mint yang ada, yang akan digunakan sebagai instalasi pada USB. Unetbootin sudah memilihkan opsi aman dengan mengarahkan pada Type targetnya adalah USB.
unetbootin2

Selanjutnya dapat dipilih OK, dan ditunggu hingga proses selesai. Tidak harus dilakukan Reboot untuk menyelesaikan instalasi.

Mengatur Arah Boot Komputer

Agar USB dapat digunakan untuk melakukan boot komputer, maka perlu dilakukan Setting dari BIOS yang ada. Cara melakukan setting adalah dengan cara:

  • Restart Komputer
  • Tekan F2 atau Del saat komputer pertama kali start
  • Temukan menu Boot Order, dan lakukan setting seperti berikut gambar dibawah

Bios_USB_boot

Pilih USB sebagai media booting pertama, dan simpan dengan mengetikkan tombol F10 saat usai proses Setting, komputer akan mengalami restart.

Menggunakan Linux Mint

Tampilan Linux Mint cukup bagus untuk para pemula.
cinnamon-700x393

Terdapat banyak pilihan display manager untuk para pengguna. Meski baru versi USB, namun Linux Mint telah dilengkapi dengan banyak hal seperti Libre Office (office processor), Gimp (sejenis Photosop), Music Player, dan segudang tools lain yang dapat dipergunakan oleh para pengguna. Untuk Wireless Adapter juga telah siap untuk digunakan. Jika pengguna merasa nyaman, dapat langsung dilakukan instalasi pada Hardisk sembari bekerja dengan USB Linux Mint.

Tukang panggul perangkat keras dan perangkat lunak yang memiliki hobi minum kopi, dan juga bekerja sebagai OB --Ofifice Boy serta menulis di www.bimosaurus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *