Cara Membuat Blog Gratis Berbasis Blogspot

By -

Cara membuat blog terkadang masih menjadi pertanyaan bagi pemula di dunia internet. Meski demikian, pembuatan blog secara umum sudah tidak sesulit periode-periode awal web 2.0 yang dimulai dengan generasi geocities. Tidak perlu bermodal besar pula dalam membuat blog. Cukup dengan memiliki akses internet, kini setiap orang bisa memiliki blog sebagai saluran  berekspresi atau sekedar saling bertukar informasi.

Terdapat beberapa penyedia layanan yang kini menyediakan blog secara gratis atau bebas biaya, seperti Blogspot dan WordPress. Kedua penyedia jasa ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan penyedia jasa terkadang sangat ditentukan oleh nilai kemudahan dan kebisaan pengguna.

Panduan ini akan membahasa cara membuat blog berbasis blogspot. Layanan blogspot yang disediakan oleh google terintegerasi langsung dengan email berbasis Google Mail (Gmail). Persyaratan utama memiliki blog berbasis blogspot adalah kepemilikan email berbasis gmail. Blogspot adalah layanan yang menjadi bagian langsung dari gmail, selain layanan terpadu lain, seperti Google Drive. Meski demikian, email hampir menjadi persyaratan pendaftaran pada pelbagai layanan berbasis internet, seperti media sosial dan termasuk blog berbasis wordpress. Kian banyaknya robot spam yang mengisi formulir online secara otomatis membuat penyedia layanan harus memaksa pengguna untuk melakukan verifikasi pendaftaran melalui email atau SMS. Mengingat Blogspot adalah layanan Gmail, verifikasi dalam pembuatan blog tidak dibutuhkan. Verifikasi hanya dibutuhkan saat pembuatan email.

Langkah-Langkah dan Cara Membuat Blog   

Secara teknis membuat blog tidaklah sulit. Panduan ini akan membantu anda untuk membuat blog sederhana. Sebelumnya, ada hal lebih penting untuk dipersiapkan sebelum Anda mulai membuat atau mengelola blog. Pastikanlah anda terlebih dahulu menentukan jenis konten atau isi yang akan dimuat dalam blog. Hal tersebut akan menentukan nama dan deskripsi yang melekat pada blog Anda.

Langkah 1: Membuat Email Gmail

Seperti diutarakan sebelumnya, Anda perlu membuat Email Gmail untuk dapat memiliki blog berbasis blogspot. Membuat email tidak pula sulit, Anda dapat merujuk jurnal kami sebelumnya yang membahasa tentang Cara Membuat Email Gmail.

[Baca Selengkapnya: Cara Membuat Email Baru]

Langkah 2: Membukan Laman Blogspot.com

Bukalah laman blogspot.com melalui mesin perambah (browser) anda. Jika Anda belum melakukan login, anda akan diminta memasukkan nama pengguna dan kata sandi (password). Laman pertama akan muncul sebagai berikut.

Cara Membuat Blog

Laman Pertama ketika Anda masuk Blogspot menggunakan email gmail

Laman ini menunjukkan bahwa anda baru pertama kali masuk ke dalam blogspot. Anda akan ditawari untuk menghubungkan akun blogspot dengan Google+ sebagai bagian dari layanan terpadu google.  Klik manu “Lanjutkan ke Blogger”. Selanjutnya anda akan melihat laman berikut ini:

Cara membuat Blog

Laman ini menunjukkan daftar blog yang anda kelola/miliki di blogspot

Perhatikan gambar di atas. Anda sudah memasuki daftar blog yang anda kelola. Mengingat anda belum memiliki satu pun blog, laman ini menjelaskan bahwa anda belum memiliki blog. Klik menu “Blog Baru” untuk melanjutkan.

Langkah 3: Memilih Nama dan alamat URL Blog

Anda akan diminta untuk mengisi kolom khusus yang berisi nama blog dan alamat blog yang akan digunakan. Nama Blog bersifat bebas dan dapat digunakan berkali-kali oleh siapa pun. Namun, alamat blog selalu bersifat unik atau tunggal. Blogspot akan secara otomatis memberitahukan apabila alamat blogspot yang anda inginkan telah dimiliki atau digunakan oleh orang lain. Pilihlah nama blog yang belum digunakan oleh orang lain. Jika selesai, klik “Buat Blog” jika sudah selesai dan meneruskan ke proses selanjutnya.

Cara Membuat Blog

Memilih nama blog dan alamat blog.

Langkah 4: Memahami Menu Dasar 

Guna kepentingan penyetelan dan proses selanjutkan, anda perlu memahami menu-menu dasar yang disediakan atau terdapat pada blogspot. Menu ini menunjuk beragam fungsi dan layanan yang secara bawaan disediakan oleh Google sebagai penyedia layanan.

Cara Buat Blog

Laman pertama setelah pemilihan nama blog selesai

Setelah proses pemilihan nama selesai, anda akan diarahkan ke laman seperti gambar di atas. Di sebelah kiri terdapat pelbagai menu yang disediakan oleh Blogspot. Berikut ini adalah rincian keterangan tentang menu tersebut:

  1. Ikhtisar: menu ringkasan ini akan mengarahkan anda pada laman utama ini. Saat anda berada pada menu lain dan ingin kembali ke menu utama ini, maka klik ikhtisar. Laman ini berisi statistik umum blog.
  2. Pos: Menu ini mengarahkan anda pada tata kelola isi (konten/pos) blog anda. Dengan klik menu ini anda akan bisa melihat daftar tulisan yang sudah anda miliki dan membuat tulisan baru.
  3. Entri Baru: menu berwarna orange ini secara spesifik berguna untuk mengarahkan anda pada laman kerja pengetikan. Pada laman tersebut anda bisa membuat pos atau artikel.
  4. Laman: Blogspot menyediakan jenis konten statis yang kerap disebut sebagai halaman atau laman saja. Menu ini mengarahkan anda pada lembar kerja yang memuat daftar laman yang dimiliki dan menu membuat laman baru. Laman biasanya digunakan untuk tulisan yang bersifat tetap (statis), seperti tentang kami, privasi, kontak kami.
  5. Komentar: Menu ini digunakan untuk mengatur komentar yang masuk.
  6. Google+: Mengingat google plus adalah layanan terpadu google yang juga terintergerasi dengan blogspot, anda dapat memaksimalkan penggunaan media sosial tersebut untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung pada laman anda.
  7. Tata Letak: Menu khusus untuk mengatur tata letak, seperti widget pada laman muka.
  8. Template: Menu untuk mengganti atau menambahkan template. Blogspot menyediakan keleluasaan bagi pengguna untuk memilih dan mengganti tema blog. Tema blog dapat dicari di banyak sumber di internet.
  9. Setelan: Menu dasar yang berisi beragam fungsi konfigurasi atau penyetelan blog.

[Baca Juga: Daftar Theme WordPress Gratis]

Langkah 5: Menyetel Informasi Blog

Setelan dasar yang penting pada setiap blog adalah mengenaik informasi blog dan privasi. Perhatikan gambar di bawah ini. Anda memiliki beberapa menu yang perlu diubahsesuaikan jika dibutuhkan. Judul Blog dapat anda ganti sesuai dengan keinginan dan kesesuaian dengan konten anda. Deskripsi tentang blog juga penting untuk diisikan agar bisa mudah dikenali oleh mesin pencarian. Selain itu, anda dapat membuat bog dikelola lebih dari 1 orang dengan mengatur pada izin penulis. Akses pada blog juga bisa dibatasi, seperti hanya bersifat privat (dilihat sendiri), terbatas (dilihat orang diizinkan) dan terbuka (dilihat siapa pun).

Cara membuat Blog

Setelan Informasi dan penggunaan dasar Blog

 

Langkah 6: Memaksimalkan Penelusuran Mesin Pencari

Beberapa setelan terkait dengan mesin pencari. Semakin baik setelan ini dikelola, maka semakin besar pula kemungkinan konten diindeks oleh mesin pencari. Berhati-hatilah dalam penyuntingan laman ini agar tidak salah.

Cara Membuat Blog

Setelan Penelusuran Mesin Pencari

 

Langkah 7: Mulai Membuat Konten 

Secara Spesifik kami akan menunjukkan bagaimana papan kerja penulisan pada blogspot. Tersemat gambar di bawah ini yang menjelaskan tentang fungsi-fungsi alat kerja penulisan pada blogspot. Mulailah dengan mengklik “entri baru” untuk masuk ke dalam laman ini. Jika anda ingin melihat atau menyunting (edit) konten yang sudah ada, maka mulailah dari menu “pos”.

Cara Membuat Blog

Papan tulis untuk menulis pos

Kesimpulan Cara Membuat Blog

Membuat blog tidak sepenuhnya sulit, susah dan rumit. Membuat blog bisa dilakukan secara cepat. Melaui blogspot, anda bisa mengelola beberapa blog sekaligus melalui satu panel (dasbor). Hal ini akan mempermudah anda dalam pengelolaan blog yang beragam. Penting dicatat, penguasaan atas menu-menu dan fasilitas yang disediakan sangat tergantung pada faktor kebiasaan. Mulailah dengan mengenali dan membiasakan penggunaannya. Selamat mencoba!

 

 

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

2 Comments to Cara Membuat Blog Gratis Berbasis Blogspot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *