Cara Membuat Email: Yahoo dan Google

By -

Cara membuat email masih menjadi pertanyaan bagi orang yang baru mulai menggunakan internet. Email telah cukup populer. Di Indonesia, email mulai populer pada periode tahun 2000an dengan beberapa penyedia yang cukup terkenal pada saat itu, seperti Yahoo dan astaga. Kedua pemberi layanan email tersebut cukup terkenal meski kemudian redup seiring dengan berkembangnya penyedia layanan lain, seperti Google melalui layanan gmail. Salah satu perkembangan menarik dalam teknologi ini adalah kemudahan orang untuk membuat email menggunakan nama domain sendiri. Sebagai contoh, pemilik domain ensiklo.com dapat membuat email menggunakan nama domain tersebut, seperti redaksi@ensiklo.com.

Fungsi Email 

Email kini tidak semata berfungsi sebagai alat komunikasi berbasis teks seperti yang semula terjadi pada awal perkembangannya. Email tidak saja berfungsi menyampaikan pesan teks, tetapi juga dapat digunakan untuk menyampaikan lampiran –berkas atau file lain– sebagai bagian informasi yang disampaikan kepada orang lain.

Memahami fungsi dasar email dapat dianalogikan dengan surat pos pada umumnya. Orang memiliki alamat rumah, kantor atau kediaman lainnya. Melalui alamat tersebut, seseorang dapat menyampaikan sesuatu yang tertuju pada pemilik atau pengguna alamat tersebut. Pada konteks email, alamat email setara dengan alamat pos. Penyampaian informasi yang semula dilakukan dengan pengantaran langsung, melalui email dilakukan secara elektronik.

Penyedia Layanan Email 

Membuat email bisa dilakukan secara gratis. Terdapat banyak penyedia layanan email yang menyediakan fasilitas beragam. Dua pemain besar pada sektor ini adalah Google dan Yahoo. Kedua raksasa mesin pencari ini menyediakan layanan email secara gratis. Anda cukup melakukan pendaftaran (sign up) pada masing-masing laman. Setelah melalui beberapa tahapan, anda sudah akan memiliki email sendiri secara gratis.

Cara Membuat Email Gmail (Google)

Google menyediakan layanan email yang cukup baik. Tidak semata perpesanan, Google juga mengaitkan beragam teknologinya dengan email ini. Fasilitas seperti Google Drive,  Google +, Google Callender dilekatkan pada email. Sekali anda mendaftarkan email Google, anda akan memperoleh beragam fasilitas.

Langkah 1: Membuka Laman Google.

Anda perlu masuk ke laman gmail untuk membuat akun. Setelah itu, layar utama Gmail terbuka, pilihah menu “Buat Akun”. Laman Gmail ada pada alamat www.gmail.com. Perhatikan Gambar Berikut ini.

cara membuat email gmail

cara membuat email gmail

Langkah 2: Mengisi Formulir Gmail

Anda akan diminta untuk mengisi formulir yang telah disediakan. Formulir berisi beberapa keterangan yang terkait dengan pemilik, alamat email yang diinginkan, kata sandi (password) dan verifikasi lainnya. Perhatikan formulir berikut ini.

Cara Buat email gmail

Formulir Isian untuk Mendaftarkan Email

Isilah formulir dengan lengkap. Anda perlu mengisikan beberapa Kolom, seperti Nama Depan dan Nama Belakang, nomor telepon, keterangan tanggal lahir, nomor telepon. Anda akan diminta untuk mengisi atau memilih alamat email yang digunakan. Apabila alamat email sudah tidak tersedia, gmail akan secara otomatis memberitahukan.

Pada kolom Captcha, anda perlu menuliskan ulang angka atau tulisan yang tersedia dalam gambar. Penyedia perlu memastikan bahwa anda bukanlah robot yang dapat mendaftar email secara otomatis.

Langkah 3: Verifikasi

Google kini menerapkan standar yang cukup ketat terkait dengan keamanan. Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi kepemilikan email dengan menggunakan nomor seluler. Setelah anda mengisi nomor seluler anda, google akan mengirimkan kode aktivasi yang dapat anda gunakan. Masukkan kode tersebut dalam kolom yang disediakan, lalu klik “verifikasi”.

cara membuat email gmail

Lembar Verifikasi Akun. Masukkan nomor yang sudah anda peroleh melalui SMS.

Langkah 6: Email Anda Sudah siap Digunakan 

Apabila verifikasi berhasil, anda sudah bisa menggunakan email anda. Lembar pemberitahuan bahwa email anda sudah selelsai dibuat akan muncul. Laman tersebut juga menunjukkan alamat email yang dapat anda gunakan.

cara membuat email gmail 3

Lembar Pemberitahuan bahwa email sudah bisa digunakan

Klik Lanjut Ke Google, selanjutnya anda akan bisa menggunakan email anda. Google terkadang meminta anda untuk melengkapi profil yang akan digunakan pada laman sosial media google: Google +. Ikuti saja langkah tersebut jika dibutuhkan. Kini email anda sudah bisa digunakan. Perhatikan lembar hasil berikut ini:

membuat email gmail 4

Laman baru email anda

Membuat Email Yahoo

Membuat email yahoo tidak pula sulit. Beberapa langkah perlu anda lakukan guna membuat email berbasis Yahoo ini, seperti saat anda membuat email menggunakan Gmail. Berikut ini adalah langkah pembuatan email Yahoo.

Langkah 1: Buka laman Yahoo Mail

Guna membuat email, anda harus membuka laman layanan email ini terlebih dahulu. Saat terbuka, pilihlah menu “Daftar” pada laman tersebut. Klik pranala berikut ini untuk membuka laman pendaftaran Yahoo Mail.

Cara Membuat Email

Laman Muka Pendaftaran Email

Langkah 2: Mengisi Formulir Yahoo Mail 

Anda perlu mengisi beberapa keterangan pada formulir yang sudah disediakan. Anda perlu mengisi nama, tanggal lahir, nomor telepon (akan digunakan untuk verifikasi), sandi (password) dan alamat email yang anda kehendaki. Apabila alamat email sudah digunakan orang lain, secara otomatis akan ada pemberitahuan.

membuat email yahoo 2

Formulir isian email Yahoo

 

Langkah 3: Verifikasi

Verifikasi diperlukan untuk memeriksa apakah pemilik akun bukanlah robot. Selain itu, nomor telepon yang tersimpan akan berguna apabila anda kehilangan kata sandi sehingga bisa melakukan pemulihan. Namun, opsi ini seringkali diterapkan secara acak. Tidak semua orang menemukan keharusan ini.

Langkah 4. Email Anda Sudan Selesai Dibuat 

Anda akan melihat laman pemberitahuan yang menyebutkan bahwa email telah selesai dibuat. Dengan begitu, email kini sudah bisa digunakan.

membuat email yahoo 3

Laman Pemberitahuan Email telah selesai dibuat

Ketika anda masuk dalam laman ini, anda bisa memilih untuk memperoleh email promosi atau tidak. Jika tidak, buanglah centang pada kolom “Hubungi Saya sesekali mengenai penawaran, promosi dan fitur khusus Yahoo”. Setelah selesai, maka anda akan bisa melihat laman Email Yahoo yang masih kosong.

membuat email yahoo 4

Laman Email Yahoo yang baru

Penutup 

Membaca panduan ini, anda tidak akan lagi bingung untuk membuat email berplatform Google dan Yahoo. Selain keduanya, anda masih bisa membuat email pada beberapa pemberi jasa lain, seperti Microsof. Selamat mencoba.

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

4 Comments to Cara Membuat Email: Yahoo dan Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *