Cara Membuat ISO ke DVD

By -

Apa itu ISO ?

File ISO, atau sering juga disebut dengan ISO image, merupakan sebuah file tunggal yang merupakan representasi sempurna isi dari seluruh CD atau DVD. Seluruh isi dari DVD dapat berada pada sebuah file ISO.

Menyalin file ISO ke DVD

Untuk dapat dipergunakan file ISO harus terlebih dahulu dipindahkan kedalam CD atau DVD, dan berikut ini adalah cara untuk membuat file ISO ke CD atau DVD pada Windows 7.

1. Buka file ISO

Buka penjelajah berkas dimana file ISO yang ingin dibuat dalam bentuk CD atau DVD tersimpan, dan klik kanan pada file ISO tersebut.

1

2. Windows Disc Image Burner

Aplikasi Windows Disc Image Burner akan terbuka. Silakan masukan CD atau DVD kosong kedalam CD/DVD-ROM dan tunggu beberapa saat. Aplikasi akan secara otomatis memuat CD atau DVD kosong. Silakan memilih “ Verify disc after burning” apabila ingin memastikan semua proses berjalan dengan lancar. Tekan Burn untuk memulai proses.

2

3. Proses Pemindahan

Selama proses pembuatan CD atau DVD tidak akan tampil berapa persen proses telah selesai, akan tetapi proses pemindahan akan ditampilkan dalam garis warna hijau.

3

4. Proses Selesai

Apabila proses pembuatan CD atau DVD telah selesai, maka akan tampil tulisan bahwa proses pembuatan telah sukses dilakukan. CD/DVD-ROM akan secara otomatis terbuka begitu proses selesai.

4

Tekan tombol Close untuk keluar dari aplikasi. Pada Windows 8 cara membuat ISO ke DVD atau CD dapat dilakukan dengan langkah ini, hanya saja tampilan akan sedikit berbeda pada Windows 7.

agus.triwanto@gmail.com'
ensiklo-tekno

1 Comment to Cara Membuat ISO ke DVD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *