Cara membuat USB Bootable di Windows 7/8

By -

  7 Langkah Membuat USB Bootable dengan YUMI

Media instalasi dengan mempergunakan CD dan DVD sudah tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan masa kini karena saat ini sudah terdapat netbook dan notebook yang tidak lagi memiliki CD/DVD-ROM. Pada panduan ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat bootable usb di windows 7/8 dengan mempergunakan YUMI ( Your Universal Multiboot Installer ).

Keuntungan utama dari mempergunakan USB flashdisk adalah ruang yang besar dan dapat dipergunakan sebagai media instalasi yang lebih dari satu. YUMI merupakan aplkasi gratis dan portable serta mudah untuk dipergunakan.

Selain itu, YUMI saat ini telah tersedia untuk sistem operasi Windows dan Linux ( Ubuntu/Debian ).

Mendapatkan YUMI

Untuk mendapatkan YUMi silakan merujuk pada alamat http://www.pendrivelinux.com/yumi-multiboot-usb-creator/ atau bisa melalui tautan di bawah ini :

Windows : http://www.pendrivelinux.com/downloads/YUMI/YUMI-2.0.1.7.exe

Ubuntu    : http://www.pendrivelinux.com/downloads/YUMI/ubuntu/yumi_0.0.1-1_all.deb

Debian     : http://www.pendrivelinux.com/downloads/YUMI/debian/yumi_0.0.1-1_all.deb

1. Menjalankan YUMI

Setelah proses unduh selesai, silakan menuju dimana hasil unduh YUMI tersimpan dan buka dengan melakukan klik dua kali.

Yumi - 1

Maka akan tampil dialog “ License Agreement” yang menjelaskan bahwa YUMI merupakan salah satu proyek Open Source. Pilih I Agree untuk melanjutkan

2. Memuat Flashdisk

Yumi - 2

Langkah berikutnya adalah memasukan USB Flashdisk yang akan dipergunakan pada usb dan pilih usb flasdisk yang telah dikenali.

3. Memilih Opsi Format Flashdisk

Pilih distribusi linux yang akan dipergunakan pada bagian Select a distribution from the list . Pastikan bahwa flashdisk yang akan dipergunakan sudah di format dengan menggunakan filesystem fat32, apabila belum melakukan format Pilih Format Drive ( Erase Content ) ? untuk melakukan format ke fat32 tanpa perlu harus melakukan di luar aplikasi ini.

Yumi - 3

4. Memuat File ISO

Pada bagian select a Distribution from the list sebagai contoh adalah Linux Mint. Selanjutnya muat file ISO sesuai dengan pilihan pada distribusi dengan memilih tombol Browse dan arahkan pada file ISO LinutMint.

Yumi - 7

Jika semua pengaturan yang diperlukan telah selesai dilakukan, silakan melanjutkan dengan memilih Create.

5. Mulai Membuat

Sebelum proses pemasangan berlangsung akan ada halaman konfirmasi yang muncul berisikan ringkasan pengaturan yang telah dibuat pada langkah sebelumnya, pilih Yes untuk melanjutkan

Yumi - 8

6. Proses Pemasangan

Tunggu hingga semua proses pemasangan berlangsung sampai dengan jendela konfirmasi yang menyatakan bahwa pemasangan telah selesai dilakukan, lanjutkan dengan menekan Next.

Yumi - 11

7. Multiboot ?

 

Yumi - 12

Akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah akan menambahkan distribusi lain kedalam flashdisk, Pilih Yes untuk menambah distro lain dan Pilih No untuk menyelesaikan membuat usb bootable dengan mempergunakan YUMI.

Dengan 7 langkah di atas, flashdisk bootable LinuxMint telah selesai dan dapat depergunakan untuk melakukan instalasi. Jangan lupa untuk melakukan konfigurasi di BIOS untuk memanggil usb flashdisk terlebih dahulu. Atau, biasanya tersedia tombol seperti F12 untuk memilih medium boot saat pertama kali komputer atau laptop menyala.

 

 

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

1 Comment to Cara membuat USB Bootable di Windows 7/8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *