CMS-CMS Untuk Keperluan Online Shop

By -

Apakah Online Shop itu?

Online shop adalah perbelanjaan secara online, atau proses jual beli melalui internet. Proses jual beli melalui internet itu dapat berupa:

  1. Product store lewat internet
  2. Komunikasi antara penjual dan pembeli melalui internet
  3. Proses order melalui internet
  4. Proses pembayaran melalui payment gateway

Payment Gateway adalah sebuah proses perantaraan pembayaran, sehingga dana pembelian barang dari pembeli, dapat diterima dengan baik oleh penjual. Di masa kini, tersedia banyak cara untuk melakukan pembayaran secara online, baik melalui pihak ketiga seperti “rekening bersama”, atau cara yang lain. Di masa depan, proses Online Shop akan sangat lebih mudah dan aman, seiring dengan berkembangnya teknologi.

Apakah CMS itu?

CMS adalah singkatan dari Content Management System. Yaitu aplikasi web yang digunakan secara mudah oleh pengelola, baik menampilkan konten, melakukan editing, penghapusan, dan pengelolaan content yang lain. Banyak tersedia CMS tidak berbayar, alias gratisan, yang disediakan oleh komunitas pengembang CMS. CMS tersebut akan diproses dengan dikustomisasi, selanjutnya diunggah (upload) pada sebuah layanan webhosting (penitipan aplikasi web), dilakukan instalasi, dan selanjutnya dapat dibuka dari sisi internet, dengan menggunakan browser-browser internet. Dengan CMS, seorang pengguna tidak lagi perlu melakukan development web mulai dari nol, praktis dalam proses development.

CMS-CMS untuk online shop

Berikut beberapa CMS untuk online shop, atau untuk keperluan product store. Berikut ini adalah beberapa CMS populer yang dapat digunakan, dan mudah dioperasikan oleh para pengguna.

WordPress e-commerce

onlineshopcms0
Adalah sebuah CMS umum WordPress, yang diberikan fungsi lebih dengan pemasangan plugin dan theme e-commerce. Populer dengan nama WP e-commerce. WordPress sendiri adalah sebuah CMS yang didirikan oleh Matt Mullenberg pada tahun 2003, berbasis bahasa pemrograman PHP. WordPress memiliki sifat “kode terbuka” atau opensources, dan memiliki lisensi GNU/GPL.
Wordpress berdiri dengan multiuser blog yang beralamat pada http://wordpress.com dan memiliki produk CMS bernama WordPress yang dapat diunduh pada situs http://wordpress.org. CMS WordPress sendiri dahulunya adalah sebuah CMS alternatif para pengguna CMS sebelumnya, seperti PHPNuke, Mambo dan sejenisnya. WordPress dibangun dengan simple dan ringan. Namun di era kini wordpress telah cukup besar dan dilengkapi banyak fiturnya. Pluggable dan selalu terbarukan. WordPress menyediakan kemudahan juga bagi para pengembang untuk mengembangkan plugins dan theme sendiri.
Salah satu plugins adalah plugins jual beli yang sering disebut dengan WP Ecommerce. WP Ecommerce ini cukup populer di banyak kalangan online shop developer.

Joomla dengan plugins virtuemart

Joomla_logo
Joomla berdiri pada tahun 2005. Joomla merupakan modifikasi besar-besaran dari Mambo. Dengan proses instalasi yang cukup mudah, dan fitur pengelolaan yang lebih lengkap, Joomla tiba-tiba pernah merajai banyak web-web instansi. Struktur framework Joomla jauh lebih rapi dibandingkan WordPress. Untuk keperluan online shop, dibangunlah sebuah plugins bernama virtuemart. Fitur ini mempermudah pengguna melakukan : manajemen web, manajemen product, manajemen order, manajemen pajak, manajemen pembayaran dan konfirmasinya. Seperti WordPress, Joomla bersifat kode terbuka, dan bernaung dibawah lisensi GPL.

Magento

magento-logo1
Magento adalah sebuah CMS khusus online shop, yang sudah cukup lama berdirinya. Magento berdiri pada tahun 2008 sebagai CMS populer untuk online shop. Magento juga memiliki kode sumber terbuka (opensource) dan memiliki lisensi OSL (Open Source License). Magento pada masa-masa ini memiliki nilai popularitas yang biasa-biasa saja.

Opencart

opencart-logo_400x300
Opencart bernaung di bawah lisensi GPL versi 3, ikut meramaikan kancah CMS. Opencart khusus untuk online shop banyak disukai oleh para pemilik toko online. Fitur yang dikembangkan pada Opencart cukup banyak, mulai dari manajemen konten, manajemen order, manajemen produk, manajemen pembayaran. Opencart dapat diunduh pada situsnya: http://opencart.com. Bahasa yang digunakan CMS Opencart ini adalah PHP

Prestashop


gI_149548_Vertical-Logo-2015
Prestashop bertempur saing melawan Opencart sebagai CMS khusus online shop. Prestashop berlindung di bawah OSL (Open Software License). Berbahasa PHP dan memiliki fitur-fitur standard sebuah toko online, mulai dari manajemen konten, manajemen produk, manajemen order, manajemen pembayaran dan konfirmasi. Kode sumber dapat diakses pada situs Prestashop, http://prestashop.com

Tukang panggul perangkat keras dan perangkat lunak yang memiliki hobi minum kopi, dan juga bekerja sebagai OB --Ofifice Boy serta menulis di www.bimosaurus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *