Google Drive di Linux dengan Google Drive OCamlfuse

By -

Menggunakan Google Drive di Linux dengan Google Drive OCamlfuse

Google drive merupakan layanan cloud storage yang dimiliki oleh raksasa internet Google.inc. Google Drive memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan edit dokumen (Spreadsheets, Presentation), berbagi, singkronasi dan menyimpan di cloud. Layanan ini dapat dipergunakan dengan gratis, yang dibutuhkan hanyalah memiliki akun Google/Gmail.

Aspek Teknis dari Google Drive

  • Google Drive menawarkan kapasitas 15GB Cloud Storage untuk dipergunakan dengan gratis.
  • Google Drive Viewer memiliki kapasitas untuk dapat melihat hampir semua format file yang umum dipergunakan.
  • Limitasi berkas dokumen tidak boleh melebihi dari 1.024.000 karakter dan besaran berkas tidak boleh melebihi 50mb.
  • Spreadsheet tidak boleh lebih dari 20mb dan Presentation tidak boleh melebihi 100mb.

Kenapa Google Drive

Mengapa harus menggunakan Google Drive, keuntungan menggunakan layanan ini adalah dapat melakukan akses ke setiap dokumen, foto, spreadsheets, presentasi dan berbagai berkas dengan cepat dimana saat dibutuhkan. Tidak perlu membawa eksternal harddisk saat keluar dari kantor atau rumah dengan resiko bahwa data yang berada didalamnya hilang atau corrupt apabila terbentur atau jatuh.Keunggulan lain yang harus menjadi pertimbangan adalah Google Drive dapat menekan kekawatiran dapat terkena infeksi dari virus.

Untuk melakukan singkronasi dari komputer atau laptop ke Google Drive dapat dilakukan dengan Google Drive Client yang dapat dipergunakan pada Windows, Mac OS X, Android, iOS namun sayangnya tidak terdapat client Google Drive resmi untuk Linux. Guna mengatasi hal tersebut, terdapat Google Drive Client yang dikembangkan oleh komunitas maupun perusahaan, yang salah satunya adalah google-drive-ocamlfuse yang memungkinkan melakukan singkronasi antara sistem operasi linux dengan Google Drive.

Install Google-Drive-Ocamlfuse

Google-drive-ocalmfuse dapat dengan mudah di install pada Ubuntu 15.04,14.10,14.04 dan lainnnya dengan menambahkan repositori berikut ini.

Menggunakan Google-drive-ocalmfuse

Untuk dapat menggunakan Google-drive-ocamlfuse dapat mengikut langkah-langkah berikut ini.

Segera setelah menjalankan perintah diatas, halaman akan terbuka pada browser yang akan meminta memberikan konfirmasi untuk mempebolehkan Google-drive-ocamlfuse untuk mengakses akun Google. Masukan alamat Email dan Password yang akan dipergunakan.

Google Drive di Linux-Google-Account

Setelah masuk ke Akun Google, yang dibutuhkan adalah menerima term and services, Pilih Accept

Google Drive di Linux-Allow-Application

Masukan kembali password apabila diminta, dan perbolehkan gdfuse OAuth2 untuk memiliki akses ke akun Google.

Google Drive di Linux-Allow-Access-gdfuse-OAuth2

Buat direktori dimana google-drive akan dimuat.

Pemasangan Google Drive di Linux dengan menggunakan google-drive-ocamlfuse telah selesai dilakukan, untuk melihat fitur apa saja yang dapat dilakukan, maupun untuk melihat bantuan dalam menggunakan aplikasi ini pergunakan perintah berikut

Untuk informasi lebih lanjut silakan mengunjugi wiki pada alamat berikut :

https://github.com/astrada/google-drive-ocamlfuse/wiki

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *