Kenapa Laju Mesin Sepeda Motor Sering Tersendat?

By -

SEPEDA MOTOR saat ini telah menjadi kendaraan pengganti sepeda kayuh yang acap digunakan oleh setiap orang guna menopang segala aktivitasnya. Memang jika dilihat dari dampak terhadap lingkungan, keberadaan sepeda motor ini tak seramah sepeda kayuh –yang telah lama menjadi jenis kendaraan banyak orang. Akan tetapi mengingat laju zaman yang membutuhkan ketepatan dan kecepatan guna berlomba dengan yang lainnya, maka sepeda motor menjadi pilihan penting, bahkan jika harus dibanding dengan kendaran besar lainnya. Mobil misalnya.

Berbicara mengenai sepeda motor, sejatinya disarankan agar secara rutin dan berkala selalu melakukan service, tak lain demi mendapatkan kondisi yang selalu prima. Dari service secara berkala itu maka akan diperiksa segala hal menyangkut kondisi sepeda motor agar tetap mendapatkan kelancaran dalam berkendara. Salah satunya adalah agar tak mogok, atau minimal menghilangkan “batuk” ataupun ‘tersendat’ dalam perjalanan.

[Baca juga: Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Kredit Kendaraan Bermotor?]

Lalu kenapa sepeda motor itu bisa ‘batuk-batuk’ dan juga tersendat lajunya? Di bawah ini adalah beberapa penyebab yang alangkah baik apabila kita juga mengetahuinya.

  • Over Pasokan Bahan Bakar

Sepeda motor yang memiliki pasokan bahan terlalu banyak memiliki kecenderungan jalannya bisa tersendat.  Hal ini terjadi karena kotoran yang ada pada karburator kadangkala menjadi terbawa dan mengalir, sehingga justru menjadi penghambat proses pembakaran berikutnya.

  • Setting Jarum Skep

Penyetelan ataupun setting merupakan hal penting pada smeua jenis kendaraan, karena jika hasil setting tidak bagus besar keminan kendaraan tak berjalan sebagaimana mestinya. Begitu pula dengan kondisi sepeda motor yang sering tersendat, ini bisa terjadi di antaranya adalah juga dari penyetelan jarum skep yang terlalu tinggi dan juga penyetelan sekrup angin yang tidak pas. Selain itu kondisi nozzle (selang) pilot jet yang tersumbat dan klep choke yang macet juga bisa menyebabkan ketersendatan.

[Baca juga: Bagaimana Cara Merawat Rantai Sepeda Motor?]

  • Busi Lemah

Selalu periksa kondisi busi secara berkala, karena ini merupakan hal penting dalam hal pengapian. Jika busi sudah dalam keadaan lemah, saran terbaiknya adalah segera ganti dengan busi yang baru dan yang cocok. Sementara jika memang keadaannya sedang terpaksa, misalnya kondisi busi jelek sehingga mengakibatkan kendaraan mogok, maka silakan atur (dekatkan) jarak antar elektrode dengan tujuan busi tersebut masih mampu memberi serapan listrik.

  • Pompa Oli Samping

Salah satu penyebab tersendatnya laju mesin sepeda motor adalah suplai pelumas yang berlebihan, sementara suplai berlebihan itu biasanya terjadi karena setting pompa oli samping yang tidak tepat. Untuk mengatasinya, silakan setelh kembali pompa oli samping itu sampai benar-benar mendapat hasil memuaskan. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Penyebab Sepeda Motor Tersendat; Koran Kompas Cetak 17 September 2015, Diakses pada 17 September 2015
[2] Gambar ilustrasi; pixabay..com, Diakses pada 17 September 2015

Sering membaca, senang menulis, kadang juga suka ceriwis. Ex hotelier, mantan multiplier, tapi tetap onliner. Tak suka menghayal, namun tetap demen main futsal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *