Membagi Stream Film dengan VLC Player Linux Mint

By -

Streaming

Streaming merupakan fitur populer di belakangan ini, yang memanfaatkan teknologi networking dan optimasi pada protokol berjenis udp. Streaming dalam kehidupan kita telah digunakan dalam banyak hal, antara lain:

  1. Streaming radio
  2. Streaming televisi
  3. Streaming file seperti youtube
  4. Video Converence
  5. Telephone Converence

Jika jaman komunikasi radio dan televisi analog proses broadcast data (audio, video) menggunakan gelombang radio AM atau FM, maka di masa ini, secara infrastruktur cukup diikutkan data digital via internet atau jarigan lokal. Sedangkan secara protokol dan aplikasinya, sebenarnya semua telah tersedia. Hampir semua aplikasi multimedia seperti Media Audio dan Video, semua dilengkapi dengan streaming feature.

VLC

VLC merupakan multimedia player, baik audio maupun video. VLC tersedia baik di sistem operasi Linux atau non Linux. Untuk Linux, proses instalasi VLV Player cukup mudah, hanya dengan mengetikkan:

Konsep HTTP Streaming

Dalam tutorial kali ini akan dipaparkan tentang membuka Streaming server menggunakan protocol HTTP, dengan menggunakan VLC. Protokol yang akan dibuka adalah HTTP, dan dilakukan Listen IP 0.0.0.0 dan protokol 8082.
Dengan demikian, nanti pihak client atau pengakses akan melakukan pemanggilan melalui komputer lain, pada alamat:

Silakan disesuaikan dengan IP Address streaming server masing-masing.

Langkah-langkah HTTP Streaming

  • Membuka VLC Player melalui tombol : Menu -> All -> VLC
    vlc0
  • Membuka streaming menu via : Media -> Streaming
    vlc1

  • Setelah dipilih media dengan menekan tombol Add, jika dibutuhkan menggunakan subtitle, aktifkan tombol Use a Subtitle, dan pilihlah file subtitlenya. Setelah usai, ketik tombol Stream, akan muncul dialog Stream Output.
    vlc2

    vlc3

    vlc4

    vlc5

    vlc6

  • Memilih Destination pada dialog Stream Output, dan akan diminta menentukan, apakah destinationnya akan berupa File, HTTP atau lainnya. Dalam kasus ini dipilih HTTP, dan selanjutnya akan diminta menentukan IP Address Listen dan Port Listen. Dapat diisi IP Address komputer server streaming itu sendiri, dan jika akan dipilih semua IP dibuka, dapat diisi: 0.0.0.0. Port dapat diisi bebas, namun perlu diingat bahwa adanya kemungkinan bahwa komunikasi via port tersebut terhalang filter firewall
    vlc7

    vlc8

    vlc9

  • Pilih Stream. Untuk memastikan apakah broadcast stream via port 8082 berhasil, maka dapat diketikkan perintah dalam terminal :

    Jika telah memunculkan seperti berikut:

    maka port dan listen telah terbuka

  • Lakukan percobaan dari komputer dalam satu network, dengan melakukan akses OpenMedia ke IP server streaming lengkap dengan port. Seperti berikut:

    vlc10

    vlc11

    vlc12

    vlc13

Kebutuhan Publikasi ke Internet

Jika dibutuhkan publikasi ke sisi internet, sebenarnya proses sama saja. Tinggal menghubungkan dengan jaringan publik, dengan IP Publik. Dapat juga dengan tetap menggunakan IP lokal, hanya saja di set DNAT dari sisi router, dengan aturan : setiap permintaan ke IP Publik Router pada port 8082, diarahkan ke server streaming lokal pada port yang aktif tersebut.
Selamat mencoba!

Tukang panggul perangkat keras dan perangkat lunak yang memiliki hobi minum kopi, dan juga bekerja sebagai OB --Ofifice Boy serta menulis di www.bimosaurus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *