Membuat Halaman “Kontak” atau “Hubungi Kami” dengan Plugin ContactForm7

By -

Halaman Kontak Kami atau Hubungi Kami menjadi salah satu laman penting dalam setiap website. Laman ini menunjukkan kredibilitas sebuah website. Laman ini berfungsi untuk menghubungkan pembaca dengan pengelola website. Laman ini menjadi pelengkap sebuah website selain laman “tentang kami” yang berfungsi untuk menjelaskan identitas sebuah website.

Nilai penting laman kontak kami dan tentang kami menjadi perhatian serius bagi banyak penyedia iklan. Google melalui layanan adsense juga akan memperhatikan laman kontak, tentang dan privasi untuk memastikan apakah pendaftaran adsense diterima.  Tanpa laman tersebut maka besar kemungkinan sebuah website akan diterima oleh Google sebagai penerbit atau “publisher” adsense.

Membuat laman kontak kami dapat dilakukan dengan mudah di wordpress. Salah satunya adalah dengan menggunakan plugin. Penggunaan plugin akan lebih mempermudah bagi orang yang tidak mengetahui bahasa pemrograman. Penggunaan plugin adalah jalan pintas yang dapat dipilih untuk membuat laman penting ini.

Menggunakan Contact Form 7

Contact Form 7 adalah salah satu plugin pembuat layanan kontak yang cukup dikenal pengguna wordpress. Plugin ini dengan keterkenalannya sudah memiliki dan mengakomodir beragam bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Jika anda menginstall wordpress berbahasa Indonesia, akan dengan mudah anda dapat mengintegerasikan plugin ini dengan bahasa web Anda. Pada laman yang digunakan, akan disediakan form khusus yang berisi kolom-kolom pertanyaan dan beberapa kolom verifikasi. Selanjutnya, setiap pengisian akan dikirimkan ke email utama website tersebut.

Instalasi Plugin Contact Form 7

Masuklah pada menu plugin melalui dasbor anda, lalu carilah plugin bernama contact form 7. Jika sudah ditemukan, klik install. Jika proses instalasi sudah dilakukan, lakukanlah aktivasi plugin dengan cara klik “activate plugin” atau aktifkan plugin.

Cara seting contact form 7

Laman Instalasi. Pilihlah COntact Form 7

Cara Setting Plugin Contact Form 7

Masuklah pada laman plugin. Lalu, carilah Contact Form 7 dalam daftar plugin yang aktif. Klik menu “settings” pada plugin tersebut. Selanjutnya, anda akan diminta untuk membuat daftar kontak yang akan digunakan. Klik “add new form” untuk membuat formulir yang baru.  Perhatikan gambar Berikut ini:

Membuat Contact Form 7

Tambah formulir Baru

Pilihlah Bahasa yang anda inginkan. Secara bawaan, bahasa Inggris adalah bawaan setiap formulir. Anda dapat memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa yang digunakan. Klik menu “add new”. Perhatikan Gambar berikut ini:

Cara Setting Contact form 7

Memilih Bahasa

Anda akan masuk ke laman setelan. Secara umum, anda akan ditunjukkan beberapa kode yang akan ditampilkan dalam bentuk lain di laman yang anda pilih. Beri nama formulir anda. Jika anda ingin mengubah beberapa bagian, ubahlah sesuai dengan istilah yang anda inginkan. Klik “save” jika sudah selesai. Perhatikan gambar berikut ini:

Tambahkan kontak

Tambahkan kontak

Memasang Contact Form 7 di Laman

Sebelum anda membuat laman baru, pastikanlah anda telah menyalin (copy) kode yang sudah disedikan. Kode tersebut akan anda tempelkan (paste) pada laman lokasi kontak ditempatkan. Perhatikan gambar berikut ini:

Edit_Contact_Form_‹_Ensiklopedia_Indonesia_—_WordPress

Setelah itu, buatlah laman baru yang sesuai dengan keingingan anda. Pada laman tersebut, masukkan kode yang sudah anda salin sebelumnya. Anda dapat memberikan keterangan sebelum kode tersebut. Keterangan akan muncul sebelum formulir.

[Baca Juga: Cara Membuat Halaman dan Post WordPress]

Membuat Kontak Formulir

Salinlah kode pada laman anda.

Simpanlah laman tersebut jika anda sudah selesai. Maka, bentuk yang akan muncul pada laman asli adalah sebagai berikut.

Membuat Laman kontak kami

Tampilan Kontak

Selamat Mencoba. Anda dapat memilih panduan wordpress lain pada laman tekno.ensiklo.com.

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *