Mengatasi Komentar Spam di Blog WordPress

By -

Mengatasi spam atau komentar spam sering kali menjadi kebingungan tersendiri bagi pengguna blog pemula. Terkadang, sangatlah tidak nyaman menyaksikan komentar-komentar tidak relevan pada blog. Apalagi, jika komentar singkat tertentu justeru lebih bertujuan untuk menitipkan pranala (link). Berkomentar singkat dengan meninggalkan jejak link memang salah satu teknik memperoleh backlink yang juga disarankan oleh banyak orang. Namun, teknik ini yang dilakukan secara massif tergolong sebagai spam. Model berkomentar seperti ini juga masuk sebagai komentar spam ketika tidak relevan dengan isi konten dan lebih bertujuan untuk meninggalkan jejak link.

Apa itu spam?

Spam adalah jenis pesan yang disampaikan melalui media elektronik yang tidak relevan dan diinginkan oleh penerimanya. Spam juga bermakna pengiriman pesan secara berulang-ulang kepada penerima tertentu yang tidak terkait dengan subjek pesan yang dikirimkan. Spam pada awalnya dikenal hanya pada surat elektronik. Pada perkembangannya spam juga terjadi pada media sosial, termasuk pada forum, komentar blog, atau media perpesanan lainnya.

Bagaimana Spam sampai ke Meja Anda?

mengatasi spam

Contoh spam

Spam bekerja secara manual dan otomatis. Sebagian spam bekerja sebagai robot. Pesan spam disuntikkan oleh robot-robot baik yang bertujuan ke dalam email maupun blog. Namun, tidak tertutup kemungkinan bahwa spam dilakukan secara manual satu persatu oleh seseorang. Perilaku membuat spam sering sekali ditemukan. Redaksi ensiklo sering menemukan spam yang berupa komentar-komentar yang tidak relevan dan lebih bertujuan untuk menyelipkan link ke dalam komentar.

“Artikel bagus gan”, “wow bagus sekali”, “Joss gan” adalah beberapa contoh spam yang masuk. Komentar spam ditandai dengan 3 hal: isi yang tidak relevan, penyelipan link dan tindakan massal. Hal ketiga tidak mesti terjadi. Komentar-komentar tidak relevan ini bisa saja dihapus. Pertukaran link melalui komentar tentunya juga perlu relevan dengan konteks tulisan.

Mengatasi Spam di WordPress

Menghadapi spam tidak perlu membuat anda bingung dan susah. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pengelola blog mengatasi persoalan ini. Berikut adalah beberapa hal yang dapat ditempuh oleh pengelola blog:

Akismet, Cara mengatasi Spam Instan 

Akismet adalah salah satu plugin yang cukup dikenal pengguna wordpress. WordPress sendiri sudah menjadikan plugin ini sebagai salah satu saran utama. Tidak heran, pada versi-versi tertentu akismet sudah langsung terinstall ketika anda berhasil menginstall wordpress. Akismet bertugas untuk memfilter jenis-jenis komentar yang dikirimkan secara masal oleh robot. Selain itu, akismet juga memiliki daftar IP spam. Jika anda menemukan spam yang lolos, tandai sebagai spam agar komentar sejenis tidak lagi muncul di blog mana pun.

Spam Manual, Cara Manual 

Spam ada pula yang dikirimkan secara manual. Ilustrasi di awal artikel ini menunjukkan ada upaya berkomentar yang secara fungsi dan esensi tidak berbeda dengan cara mengirimkan spam menggunakan robot. Pada jenis spam ini, anda harus teliti dan membaca  satu-persatu. Terapkan moderasi untuk komentar. Pastikan komentar yang terbit sesuai dengan keinginan anda. Seringkali spam jenis ini melampirkan iklan judi dan beberapa hal yang tidak relevan.

Gunakan Sistem Komentar lain

WordPress memiliki fitur komentar bawaan. Meski demikian, wordpress juga memungkinkan anda untuk menggunakan jenis layanan pengelolaan komentar yang lain. Jectpack dan disquss adalah dua jenis layanan pengelolaan komentar yang cukup handal mencegah masuknya spam. Layanan tersebut bisa diinstall sebagai pengganti layanan utama perkomentaran di wordpress.

Captcha, sebagai hal penting 

Captcha adalah kombinasi angka, huruf dan atau keduanya yang digunakan untuk memverifikasi aksi yang dilakukan oleh robot. Pada tataran tertentu komentar dilakukan oleh robot. Robot biasanya tidak bisa menembus kode verifikasi catpcha mengingat kodenya yang bersifat unik untuk sekali aksi. Cara ini menjadi salah satu solusi untuk menahan laju komentar spam. selamat mencoba.

 

 

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *