Panduan Cara Membuat Blog WordPress bagi Pemula

By -

Cara membuat blog di WordPress seringkali menjadi salah satu kebingungan bagi pemula. WordPress dikenal sebagai salah satu penyedia layanan blogging gratis yang cukup banyak digunakan.  Selain wordpress, terdapat pula layanan Blogspot yang dikelola raja mesin pencari, Google, sebagai salah satu platform yang sering digunakan pula.

[Jika Anda Ingin Membuat Blog di Layanan Blogspot, Baca Artikel: Cara Membuat Blog Berbasis Blogspot]

WordPress tidak saja dikenal sebagai penyedia layanan blog gratis melalui wordpress.com, wordpress juga dikenal memiliki content management system (CMS) yang dapat digunakan untuk membuat website secara mandiri dengan hosting yang mandiri pula. CMS WordPress dapat diunduh melalui web official wordpress.org. Selain itu, wordpress juga menyediakan layanan hosting untuk pengguna wordpress.com. Pengguna wordpress dapat memindahkan websitenya ke layanan hosting wordpress. Dengan demikian, pengguna dapat menggunakan nama domain pilihan sendiri. Opsi ini turut ditawarkan saat kita membuat blog wordpress.

[Baca Pula: Mengenal Hosting untuk Blog dan Website]

[Baca Pula: Mengenal Domain, tingkatan dan Fungsinya]

Panduan ini mencoba untuk menjelaskan langkah-langkah untuk membuat blog di wordpress.com. Langkah praktis ini dibuat untuk memandu pemula yang baru mengenal blog dan ingin menggunakan layanan gratis dari wordpress.

Persyaratan Pembuatan Blog WordPress

Secara umum, tidak ada persyaratan khusus yang dilekatkan dalam pembuatan blog wordpress. Meski demikian, kepemilikan email menjadi salah satu persyaratan mutlak. Artinya, sebelum memiliki blog, calon pengguna wajib terlebih dahulu memiliki email. Email akan digunakan untuk verifikasi ketika pendaftaran selesai dilakukan. WordPress menerapkan sanksi apabila verfikasi gagal atau tidak dilakukan, seperti penundaan layanan atau menutup blog yang sudah dibuat.

[Jika belum memiliki email, baca: Cara Membuat Email Google dan Yahoo]

Langkah-langkah Membuat Blog WordPress

WordPress menyebutkan 5 langkah singkat membuat blog. Langkah ini ditambahi 1 langkah lain yaitu verifikasi kebasahan kepemilikan dan akun. Verifikasi dilakukan menggunakan email yang didaftarkan saat proses pembuatan blog dilakukan. Email tidak hanya berfungsi sebagai alat verifikasi, melainkan juga sebagai alat keamanan. Saat anda kehilangan sandi (password) atau nama pengguna, proses pemulihan dapat dilakukan melalui email yang didaftarkan.

Guna memulai membuat blog, bukalah laman WordPress.com. Anda akan melihat menu pendaftaran pada laman ini. Pilihlah menu “create wordpress” saat laman terbuka.

Cara Membuat Blog WordPress

Laman muka wordpress.com

Langkah 1: Memilih alamat blog

Apabila menu “create website” sudah anda klik, wordpress akan mengarahkan anda pada laman pemilihan alamat wordpress. Pada laman tersebut, anda akan diminta untuk mengisikan alamat yang diinginkan. WordPress akan memberitahukan apabila alamat yang anda inginkan sudah digunakan oleh orang lain. Carilah alternatif nama apabila hal tersebut terjadi. Lanjutkan proses selanjutnya ketika proses ini selesai.

Cara Membuat Blog WordPress 2

Pilihlah alamat yang akan digunakan

Langkah 2: Mengisi Rincian Email, Nama Pengguna dan Sandi

Seperti umumnya layanan berbasis online, anda akan diminta untuk menentukan nama pengguna, email yang terkait dengan akun dan sandi. Pada langkah kedua anda akan diminta untuk mengisikan kolom-kolom tersebut. Perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Membuat Blog WordPress 3

Mengisikan rincian akun

Langkah 3: Memilih alamat domain mandiri (bisa dilewati)

Pengguna layanan wordpress gratis akan memiliki alamat yang berada di belakang nama domain utama wordpress.com. Sebagai contoh, kami membuat alamat ensiklocoba.wordpress.com. Langkah ketiga menawarkan anda jika anda ingin membuat website dengan domain mandiri, seperti ensiklo.com. Tawaran layanan ini terkait juga dengan layanan hosting yang disediakan oleh wordpres. Jika anda ingin tetang menggunakan yang gratis, lompati opsi ini dengan klik menu “no thanks“.

Cara Membuat Blog WordPress 4

Lompati jika ingin memilih layanan blog gratis wordpress

Langkah 4: Memilih Tema atau template wordpress

WordPress menyediakan tema atau template untuk setiap blog yang dibuat. Tema adalah bentuk atau layout dasar tampilan website atau blog. Banyak sekali tema yang dapat dipilih sesuai dengan kesukaan masing-masing pengguna. Setelah selesai memilih, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Cara Membuat Blg WordPress 5

Pilihlah tema yang sesuai dengan keinginan anda

Langkah 5: Memilih Jenis Layanan 

WordPress akan menawarkan layanan hosting pada langkah kelima ini. WordPress menyediakan layanan gratis dengan konsekuensi menggunakan sub domain wordpess.com. Selain itu, wordpress menawarkan paket hosting untuk bisnis dan individual yang dapat juga dipilih. Pilihlah layanan gratis jika anda tidak berminat untuk menggunakan layanan berbayar.

Cara Membuat Blog WordPress 6

Penawaran Paket Hosting

Selesai memilih layanan ini, anda telah menyelesaikan semua tahapan pembuatan blog wordpress.  Anda akan melihat layar ini.

Cara Membuat Blog WordPress 7

FInalisasi Pendaftaran WordPress

Langkah 6: Verifikasi Akun

WordPress menetapkan standar verifikasi akun untuk memastikan keabsahan akun dan pemiliknya. Periksalah email yang digunakan untuk mendaftarkan blog. Anda akan mendapatkan email verifikasi. Klik menu verifikasi untuk memastikan kelengkapan pendaftaran akun blog.

Buat Blog WordPress

Aktivasi Blog WordPress

Memahami Dasbor WordPress

Pengaturan umum wordpress ada pada laman dasbor. Laman ini dibuka setelah klien atau pengguna masuk (log in). Laman ini terdiri dari beberapa menu yang digunakan untuk mengatur wordpress, mengisi konten dan menata tampilan pada laman muka.

Buat Blog WordPress

Dasbor WordPress

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang menu-menu yang tersedia:

  1. Blog Post: Menu pengelolaan pos. Anda dapat melihat pos yang telah tersedia, menyunting atau menambahkan pos.
  2. Pages: Menu pengelolaan laman (halaman). Anda dapat menggunakan menu ini untuk melihat daftar laman dan membuat laman baru.
  3. Themes: Menu untuk memilih atau mengganti tema.
  4. Customize: menu pengaturan website, seperti widget.
  5. Menus: Pengaturan menu yang ditampilkan di laman muka.
  6. Sharing: pengaturan sharing (penyebarluasan konten).
  7. Users: pengaturan pengguna dan penulis blog.
  8. Settings: pengaturan umum website.

Kesimpulan 

Membuat blog menggunakan wordpress tidaklah sulit. Beberapa langkah praktis sudah disiapkan pengembang wordpress agar mudah digunakan oleh pengguna yang umum dan awam. Proses pengenalan alat ini membutuhkan waktu dan ketelitian. Pengguna bisa mencoba satu-persatu menu dalam website agar dapat lebih menguasai pengelolaan website berbasis wordpress ini. Selamat mencoba.

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

3 Comments to Panduan Cara Membuat Blog WordPress bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *