Panduan Install Multicraft Server Minecraft

By -

Apa itu Minecraft ?

Minecraft merupakan sebuah game yang diciptakan oleh Markus ‘Notch’ Persson. Game ini tersedia untuk sistem operasi seperti iOS, Android dan PC ( Personal Computer ). Game minecraft ini sendiri saat ini telah terjual lebih dari tujuh juta pada PC dan sembilan juta kopi total pada semua platform.

Panduan Install Multicraft Minecraft Character

Game Minecraft sendiri dapat dimainkan dengan mudah dengan hanya menghancurkan atau menempatkan blok untuk dapat membangun apapun sesuai dengan yang diinginkan sejalan dengan kreatifitas dan imajinasi masing-masing pemain. Selain itu, Game ini juga menunjang permainan secara multiplayer atau bermain bersama dengan orang lain. Selain dapat memainkan game Minecraft pengguna juga dapat membuat server Minecraft sendiri, dan berikut ini adalah Panduan Install Multicraft Server pada Ubuntu.

Perbedaan Minecraft Server dan Multicraft Server

Apa sih perbedaan antara Minecraft server dan Multicraft server?, dengan Multicraft Server dapat menjalankan beberapa server Minecraft secara bersamaan dengan mudah. Perbedaan lain ialah, setiap server dapat di konfigurasi secara berbeda dan sesuai dengan kebutuhan.

[ Baca Juga : Panduan Install Ubuntu 14.04 Server Minimal ]

Install MultiCraft

Langkah 1 : Update & Upgrade

Sebelum melakukan install MultiCraft Server, ada baiknya untuk melakukan update dan upgrade pada sistem operasi terlebih dahulu.

[ Baca Juga : Mengamankan Ubuntu 14.04 Server ]

Langkah 2 : Install LAMP ( Linux, Apache2, MySQL, PHP ) & OpenJDK-7-JRE ( Java )

Untuk dapat menjalankan MultiCraft Server, membutuhkan web server dan databases serta PHP ikuti langkah berikut untuk melakukan install.

Isikan semua permintaan informasi yang muncul pada saat proses install, terutama pada bagian MySQL server dan jangan lupa untuk menyalin username dan password apabila nanti dibutuhkan.

Langkah 3 : Mengubah Default Virtual Host

Konfigurasi default virtual host apache akan berada pada <Directory /var/www/> ubah parameter AllowOverride menjadi All.

Langkah 4 : Download MultiCraft Server Control Panel

Untuk mendapatkan salinan dari Multicraft Server, dapat mengunjungi website resmi yang berada pada www.multicraft.org.

Installasi interaktif akan muncul yang akan memandu melakukan konfigurasi, apabila memiliki lisensi untuk Multicraft masukan saat diminta, lain dari itu tekan Enter untuk menggunakan pengaturan default.

Langkah 5 : Konfigurasi Control Panel Multicraft Server

Buka browser dan buka alamat http://12.23.56.78/multicraft/install.php, sesuaikan alamat ip dan lanjutkan dengan Klik Start Installation.

Panduan Install multicraft-init_small

Multicraft Server akan otomatis memeriksa semua kebutuhan agar berjalan dengan normal, apabila dari hasil pemeriksaan kebutuhan semua lengkap maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Panduan Install multicraft-reqs_small

Klik Continue untuk melanjutkan

Panduan Install multicraft-config_smallMulticraft akan mencoba melakukan copy default config.php apabila sukses, klik Continue.

Panduan Install multicraft-db_smallPada halaman berikutnya klik Initialize Database dan selanjutnya Klik Continue.

Halamn berikut ini akan melakukan koneksi ke database, apabila tampil Connection successful maka lanjutkan dengan Klik Login dengan username dan password Admin.

Panduan Install multicraft-panel_smallSetelah masuk akan diarahkan kembali kehalaman sebelumnya, Klik Continue. Setelah ini, akan dapat melakukan konfigurasi dasar untuk server. Apabila telah selesai Klik Save.

Pada halaman daemon configuration page, akan tampil perintah untuk menjalankan Multicraft Daemin, kopi paste perintah ke Terminal.

Kembali pada browser dan tekan Refresh atau F5 . Akan tampil daemon pada kotak hijau seperti gambar di bawah ini.

Panduan Install multicraft-daemon_smallKonfigurasi dasar pada Multicraft Control Panel selesai, seperti pada instruksi yang keluar, hapus install.php melalui terminal

Langkah 6 : Install Minecraft Server

Pindah ke direktori dimana Multicraft menyimpan berkas jar ( java ). Apabila mempergunakan konfigurasi default maka akan berada di /home/minecraft/multicraft/jar/

Mendapatkan salinan Minecraft Server 1.8.1 dari situs resmi Minecraft

Buka browser Klik Servers, Klik Create Server . Isi semua informasi yang dibutuhkan, pada bagian Jar file isi dengan minecraft_server.1.8.1.jar dan Klik Create

Saat pertama kali mencoba menjalankan Minecraft Server akan gagal. Hal ini karena parameter eula.txt belum diubah menjadi true

Sekarang server Minecraft akan berlajan dengan normal dan siap untuk dipergunakan bermain.

Informasi Tambahan

Untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai Mincraft dan MultiCraft dapat merujuk pada situs resmi masing-masing pada tautan berikut

Dokumentasi Multicraft
Minecraft.net

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *