Panduan Install Nginx dan Google Pagespeed di Ubuntu 15.04

By -

Install Nginx Google Pagespeed

enable-nginx-modules

Nginx ( baca : engine-x ) merupakan aplikasi open source high performance HTTP Server, Reverse Proxy dan IMAP/POP3 proxy server. Keunggulan dari Nginx adalah, stabilitas, kaya fitur, konfigurasi yang sederhana, dan konsumsi sumberdaya yang rendah. Nginx banyak dipergunakan oleh banyak situs-situs besar di internet dan terus menancapkan popularitasnya di kalangan komunitas webmaster. Tutorial ini akan berisikan Panduan install Nginx melalui source code dan membuat paket deb untuk ubuntu 15.04 beserta modul google pagespeed.

Pagespeed merupakan modul webserver yang dikembangkan oleh raksasa internet Google untuk mempercepat waktu respon sebuah website, optimasi html dan menurunkan load time sebuah website. Fitur dari ngx_pagespeed adalah sebagai berikut :

  • Image optimization: stripping meta-data, dynamic resizing, recompression.
  • CSS & JavaScript minification, concatenation, inlining, and outlining.
  • Small resource inlining.
  • Deferring image and JavaScript loading.
  • HTML rewriting.
  • Cache lifetime extension.

Untuk informasi yang lebih lengkap silakan merujuk pada halaman ini https://developers.google.com/speed/pagespeed/module/

Persiapan Install Nginx

Ubuntu Server 15.04 minimalis merujuk pada Panduan Install Ubuntu 15.04 Server Minimalis, selain itu seluruh baris perintah yang berada dalam panduan ini akan mempergunakan akses root, jadi pastikan telah menggunakan akun root.

Panduan Install Ubuntu 15.04

[ Baca Juga : Mengamankan Ubuntu Server ]

Install Paket Pendukung

Sebelum melakukan installasi nginx dan modul lain, paket-paket pendukung akan dipersiapkan terlebih dahulu sehingga akan mempermudah nanti saat proses install nginx. Selain paket pendukung akan lebih baik melakukan update data paket dan upgrade paket yang telah ada pada sistem operasi terlebih dahulu.

Install Nginx & Google Pagespeed

Repositori Nginx

Paket Nginx yang akan dipergunakan pada panduan kali ini akan diambil secara langsung dari alamat repositori resmi Nginx, bukan yang berada pada repositori Ubuntu.

Masukan data berikut

Nginx Source

Untuk mendapatkan salinan kode sumber dari Nginx yang akan dikompilasi dengan modul pagespeed dilakukan dengan baris perintah berikut.

Download Pagespeed

Konfigurasi Nginx

Agar saat kompilasi Nginx untuk membuat paket debian otomatis memasukan modul pagespeed maka perlu ditambahkan terlebih dahulu pada rules kompilasi nginx, tambahkan –add-module=../../ngx_pagespeed/ngx_pagespeed-release-1.9.32.3-beta \ seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Panduan Install Nginx Google pagespeed Ubuntu 15.04 1.png

Panduan Install Nginx Google pagespeed Ubuntu 15.04 2.png

Membuat Paket dan Install Nginx

Perintah dibawah ini akan membuat paket debian Nginx dengan konfigurasi atau rules yang telah dibuat sebelumnya.

Perintah dpkg-buildpackage -b akan membuat paket nginx.deb yang tersimpan pada direktori ~/new/nginx_source/ setelah pembuatan paket selesai silakan periksa direktori tersebut.

Panduan Install Nginx Google pagespeed Ubuntu 15.04 3.png

Install Nginx

Paket Nginx dengan modul pagespeed telah selesai dibuat, sekarang saatnya melakukan install paket Nginx dengan hasil dari pembuatan paket tadi.

Panduan Install Nginx Google pagespeed Ubuntu 15.04 4.png

Percobaan Pagespeed

Guna memastikan bawah Nginx yang terpasang pada Ubuntu 15.04 server telah mendukung pagespeed, untuk memeriksanya dapat mempergunakan perintah berikut ini.

Panduan Install Nginx Google pagespeed Ubuntu 15.04 5.png

Proses pemasangan Nginx dengan dukungan modul google pagespeed telah selesai dan akan membuat website dapat dibuka dengan cepat setiap kali pengguna berkuncung ke website yang berada didalamnya.

[ Baca Juga : Panduan Install Webmin Ubuntu ]

[ Baca Juga : Panduan Install Varnish ]

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

2 Comments to Panduan Install Nginx dan Google Pagespeed di Ubuntu 15.04

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *