Panduan Install Varnish Cache di Ubuntu 14.04

By -

Panduan Install Varnish

varnish4_banner

Perlu menangani trafik yang banyak pada website? Caching adalah salah satu cara yang paling baik untuk menangani dan memaksimalkan kecepatan web server. Varnish bekerja menangani setiap permintaan pada halaman sebuah website tanpa perlu meregenerasi setiap konten yang diakses oleh pengguna. Menghemat sumber daya server dengan memasang proxy caching seperti Varnish Cache untuk mempercepat respon terhadap setiap permintaan HTTP ( Hyper Text Transfer Protocol ) dapat mengurangi beban kerja dari server.

Apa itu Varnish Cache ?

Varnish cache merupakan sebuah Web Accelerator yang dikenal juga dengan Hyper Text Transfer Protocol ( HTTP ) Reverse Proxy. Varnish pertama kali diperkenalkan oleh Poul-Henning Kamp pada tahun 2006. Reverse Proxy merupakan sebuah proxy yang berada di front end Web server dan berfungsi sebagai cache dari setiap konten atau halaman yang terdapat pada website.

Bagaimana Varnish Bekerja ?

varnish-diagram3

Varnish bekerja dengan menangani setiap akses sebelum permintaan akses tersebut ditangani oleh webserver seperti Apache atau Nginx dan yang lainnya. Apabila permintaan akses belum tersedia pada cache Varnish maka akan diteruskan ke webserver dan akan membuat cache untuk halaman tersebut.

Kebutuhan Varnish Cache Reverse Proxy

        Server dengan OS Linux

Agar dapat memanfaatkan Varnish Cache sistem operasi yang dibutuhkan adalah Linux. Varnsih Cache hanya dapat bekerja pada sistem operasi berbasis open source seperti Ubuntu, CentOS, Debian dan lainnya. Pada panduan install varnish cache reverse proxy berikut ini akan mempergunakan Ubuntu 14.04 Server Minimalis.

[ Baca Juga : Mengamankan Ubuntu 14.04 Server ]

        Aplikasi Web Server

Varnish Cache memerlukan aplikasi web server sebagai backend, seperti Apache, Nginx dan yang lainnya. Aplikasi web server ini bekerja dengan menyediakan konten yang nantinya akan disalin pada cache oleh Varnish.

Panduan Install Varnish Cache

Catatan : Setiap langkah yang terdapat pada panduan ini memerlukan hak akses sebagai pengguna Root atau pergunakan dengan perintah sudo.

Langkah 1 : Melakukan update dan upgrade terlebih dahulu

Langkah 2 : Install Varnish Cache

Tambahkan baris berikut ini pada /etc/apt/sources.list

Lakukan update dan install varnish dengan perintah berikut.

Langkah 3 : Konfigurasi Varnish

Pada panduan ini diasumsikan bahwa backend web server mempergunakan Apache dan berikut ini adalah konfigurasi Varnish untuk Apache.

Cari dan ubah bagian Listen menjadi seperti berikut ini

Sesuaikan konfigurasi untuk semua virtualhost yang berada pada /etc/apache2/sites-available/* menjadi seperti dibawah ini

Selanjutnya adalah membuat varnish untuk berjalan pada port 80

Cari tulisan “DAEMON_OPTS=” dibawah tulisan Alternative 2 dan ubah seperti dibawah ini :

Simpan dan keluar dari text editor, selanjutnya reload atau restart service dari Apache

Langkah 4 : Menjalankan Varnish

Pastikan bahwa varnish telah berjalan dengan mengetikan perintah berikut ini

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

1 Comment to Panduan Install Varnish Cache di Ubuntu 14.04

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *