Panduan Install XAMPP dan WordPress di Windows

By -

Panduan Install XAMPP di Sistem Operasi Windows dan install WordPress Offline

Membuat suatu lingkungan server lokal yang berada di komputer atau laptop akan menghemat banyak waktu bagi seorang web developer yang rutin menguji atau mengembangkan themes dan plugin.

Bukan hanya akan lebih cepat saat melakukan akses akan tetapi juga memberikan keuntungan akan keamanan dari pada dilakukan secara online, mengingat penulisan kode yang belum selesai dapat memberikan celah keamaan.

Memiliki server offline akan membuat pekerjaan semakin mudah karena tidak bergantung dengan konektivitas internet. Melakukan pengembangan dengan mempergunakan layanan webhosting online akan membuang sumber daya dan tidak hemat.

Panduan ini akan memandu cara install XAMPP ( Cross-Platform, Apache, MySQL, PHP, Perl )pada komputer dengan sistem operasi Windows dan memasang wordpress sebagai CMS ( Content Management System ).

[ Baca Juga : 10 Pengaturan Penting WordPress ]

Apasih XAMPP itu ?

XAMPP merupakan kependekan dari cross-platform, Apache, MySQL, PHP dan Perl. Aplikasi ini sangat ringan dan mudah dipergunakan yang memungkinkan membuat lingkungan pengembangan secara offline.

Karena cross-platform memungkinkan XAMPP dapat bekerja diberbagi sistem operasi seperti, linux dan Mac OSX. Tapi, panduan ini hanya untuk pengguna sistem operasi Windows.

Install XAMPP

Langkah 1 : Mendapatkan XAMPP

Untuk mendapatkan salinan dari XAMPP silakan membuka halaman Apache Friend website dan menuju menu download XAMPP.

xampp-site-700x531

Besaran berkas dari XAMPP kurang tidak lebih dari 125mb, apabila koneksi internet stabil, waktu yang dibutuhkan untuk selesai mengunduh tidaklah lama.

Langkah 2 : Memulai Installasi XAMPP

Sesaat setelah proses unduh XAMPP selesai, buka dimana file hasil unduh tersebut berada dan jalankan.

xampp-installer

Biasanya akan muncul peringatan yang menjelaskan tentang pemasangan aplikasi sama seperti saat melakukan pemasangan aplikasi lain pada windows. Untuk melanjutkan proses pilih Next

Langkah 3 : Komponen dalam XAMPP

xampp-options

Saatnya memilih komponen apa saja yang akan dipasang, pada bagian ini komponen Apache dan PHP akan berwarna abu-abu dan tidak dapat diubah karena merupakan komponen dasar. Karena akan melakukan installasi WordPress maka komponen yang dipilih adalah MySQL sebagai database dan phpMyAdmin sebagai manajemen database untuk memudahkan pengelolaan.

Langkah 4 : Pemilihan Lokasi Install

Pilih dimana lokasi XAMPP akan di install, pengaturan bawaan windows lokasi install akan berada pada C:\Program Files\XAMPP.

xampp-select-folder

Lokasi bisa disesuaikan dengan keinginan dimana akan diletakkan.

Langkah 5 : Bitnami

Bitnami merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna dapat melakukan installasi dengan mudah, yang mendukung CMS seperti Drupal, WordPress dan Joomla. Pada panduan ini tidak akan memilih Bitnami, karena akan melakukan install wordpress dengan cara manual.

xampp-bitnami

Langkah 6 : Proses Install XAMPP

Proses Install akan berjalan begitu tombol Next di pilih.

xampp-ready-to-install

Setelah proses install XAMPP selesai dilakukan, maka akan muncul pilihan untuk menjalankan Control Panel, pilih opsi tersebut dan pilih Finish.

xampp-control-panel

Umumnya akan muncul peringatan mengenai Firewall/Security, berikan akses dengan memilih Allow Access perhatikan pemilihan opsi pada gambar di bawah.

xampp-firewall-warning

Proses install XAMPP selesai, untuk memastikan bahwa layanan telah berjalan buka browser dengan alamat http://localhost/ maka akan tampil seperti gambar id bawah

xampp-localhost

Langkah 7 : Membuat Database

Buka panel kontrol XAMPP, pada bagian MySQL pilih Admin

xampp-mysql-admin

Jendela baru pada web browser akan terbuka dengan menampilkan antar muka phpMyAdmin.

xampp-phpmysql

Pilih menu Databases pada bagian kiri atas, isikan nama database yang akan dibuat, pada panduan ini namanya adalah WP pilih Create untuk membuat dan tutup.

xampp-database

Langkah 8 : Download dan Install WordPress

Unduh wordpress versi yang paling baru dari situs resmi mereka yang berada di https://wordpress.org/download/

Sebelum memindahkan wordpress ke XAMPP, unzip terlebih dahulu berkas wordpress tersebut dan pindahkan ke C:/Program Files/XAMPP/htdocs/

xampp-folder

Untuk memudahkan, nama dari wordpress akan diubah menjadi WP agar sama dengan database yang tadi dibuat dan memudahkan saja.

xampp-save-wordpress

Buka folder WP, cari wp-config-sample.php dan ubah namanya menjadi wp-config.php. Buka file wp-config.php

wp-config-database-details1

Perhatikan gambar di atas, dan ubah sesuai dengan yang telah dibuat tadi

database_name_here : WP

username_here : root

password_here : *kosong*

Simpan berkas dan tutup.

Buka web browser dan arahkan pada lamat http://localhost/WP akan tampil seperti gambar dibawah ini

five-minute-install

[ Baca Juga : 10 WordPress SEO Image Plugins ]

Masukan setiap informasi yang dibutuhkan, apabila semua telah terisi pilih Install WordPress dan proses install wordpress akan berjalan dan tunggu hingga selesai.

Panduan install xampp dan wordpress telah selesai dilakukan, server lokal yang berada di komputer / laptop telah dapat dipergunakan untuk keperluan pengembangan web, uji coba dan kegiatan lain yang membutuhkan Apache, MySQL dan PHP.

[ Baca Juga : Inilah 10 WordPress Themes Gratis 2015 ]

Pensiunan tukang parkir dan penjaga warnet yang beralih profesi menjadi Kuli Kabel dan Kuli Sosial , Peminum #Kopi , Penikmat #Reggae , #FamilyMan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *