Remote Server SSH dan Remote Server SSH Mobile dengan ConnectBot

By -

Protokol SSH

SSH merupakan singkatan dari Secure Shell. Sebuah protokol yang digunakan untuk melakukan remote control sebuah PC dari PC atau host yang lain. Biasanya yang dicontrol adalah sebuah server bersistem operasi Unix atau Linux. SSH Merupakan pengembangan kondisi aman dari Telnet. Jika telnet memiliki masalah dengan insecure-plain-text, maka SSH ditambah dengan RSA-DSA security encryption. Dengan menggunakan SSH, seorang pengguna server memiliki kemampuan melakukan aksi di dalam server, sejauh kepemilikan hak akses. Protokol SSH menggunakan port default 22 sebagai port transportnya. Wujud dari hasil remote server ini adalah sebuah tampilan command-line yang siap diberikan perintah dari jarak jauh.

SSH Server

SSH Server dalam Linux biasanya digenerate oleh layanan program bernama openssh-server atau ssh-server. Saat layanan SSH menyala, maka server dapat diremote dari host yang diperbolehkan melakukan remote. Saat itu sang server berlaku sebagai pemberi layanan.

SSH Client

SSH Client adalah peminta/pengguna layanan SSH. Pengguna dapat memanfaatkan program-program client SSH seperti putty ( Windows ), dan ssh (Linux, BSD). Pengguna mobile dapat memanfaatkan program bernama ConnectBot untuk melakukan remote server. Dengan alat-alat tersebut, dimanapun seorang pengguna berada, selama terhubung dengan jaringan internet, maka sang pengguna dapat melakukan administrasi sebuah server.

fig25
Putty

Pengguna Putty dapat memasukkan IP Address Server ke dalam kolom Host, dan port. Saat ditekan Connect, maka akan masuk ke halaman login sistem.

unnamed
ConnectBot

ConnectBot adalah mirip dengan Putty, namun tersedia dalam versi mobile. Prosesnya sama, memasukkan ke dalam kolom address : user@namaserver atau user@ipaddress. Dengan melengkapi password yang benar maka server akan terhubung.

Sintaks SSH Linux

Bagi para pengguna Linux atau FreeBSD, ssh biasanya sudah langsung tercakup di dalam instalasi sistem pertama kali. Jika misal sebuah server ber IP Address 123.123.123.123 dengan nama serversaya.com, maka dalam konsol terminal para pengguna linux dapat mengetikkan:

Misal

Hasilnya seperti tampilan berikut ini:

ensiklo2
Linux SSH Connect

Berikut diatas adalah contoh-contoh dasar SSH. SSH sendiri sangat powerfull, tidak hanya berguna untuk melakukan remote, namun dapat berguna untuk melakukan tunneling, bypass, remote-back-connect dan sejenisnya. SSH, oleh para underground-player, digunakan untuk melakukan network-tricking dalam mengakali sebuah network, terutama seluler. Dengan kemampuan tunneling, maka SSH memiliki kemampuan untuk digunakan sebagai network connect dengan cara yang tidak wajar, yang mungkin tidak tercharge oleh perusahaan internet seluler atau provider.

Silakan ditunggu artikelnya 🙂

Tukang panggul perangkat keras dan perangkat lunak yang memiliki hobi minum kopi, dan juga bekerja sebagai OB --Ofifice Boy serta menulis di www.bimosaurus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *