Sekitar Hang Berkala Ubuntu 14.04

By -

ubuntu-0

Dalam beberapa kasus Laptop dan komputer PC Desktop, ditemui kasus-kasus kendala penggunaan Linux Ubuntu 14.04. Salah satunya adalah kasus hang atau macet dalam waktu-waktu tertentu, dapat terjadi pada waktu random atau waktu berkala. Biasanya kasus ini muncul pada komputer yang memiliki memori terbatas. Selain itu, kasus tersebut juga dapat ditemukan sewaktu-waktu pada komputer dengan memori kartu grafis ( VGA ) terbatas. Dalam beberapa pengamatan tim ensiklo, ditemukan salah satu penyebab kendala tersebut. Salah satu penyebab kendala tersebut, antara lain terjadi justru diakibatkan oleh proses optimasi komputer itu sendiri.

Linux, memiliki proses indexing data file-file dan struktur direktori secara berkala, agar saat dilakukan pencarian file oleh pengguna, dapat berlangsung dalam waktu yang singkat. Proses indexing berkala itu melibatkan sebuah proses bernama mlocate. Mlocate, akan melakukan aksi yang daemon yang ditandai sebagai sebuah proses id, dan bernama updatedb.mlocate. Biasanya saat updatedb.mlocate ini berlangsung, seluruh memori akan teralokasikan pada proses tersebut. Proses ini juga akan mengakibatkan putaran hardisk meningkat. Proses mlocate ini sebenarnya sangat penting dan perlu dilakukan. Namun dalam beberapa kondisi akan sangat mengganggu, karena dapat saja muncul dalam waktu yang tidak diharapkan. Ada dua cara mengatasi hal tersebut. Cara-cara tersebut akan dijelaskan pada sub-bagian di bawah ini.

Mematikan penjadwalan proses mlocate

Mlocate berlangsung secara berkala, yang waktu aktifnya diatur oleh cron linux (penjadwalan). Dengan mematikan proses ini, maka mlocate tidak lagi akan aktif secara berkala. Akibat dari tindakan ini adalah, user kehilangan update file saat melakukan pencarian file dengan perintah “locate”. Konsekuensinya adalah user perlu melakukan perintah “updatedb” secara manual dan tidak dilakukan oleh system. Namun proses pencarian file secara update tetap dapat dilakukan dengan perintah “find”, meski hasilnya tidak akan ditampilkan secepat locate dalam kondisi update.
Proses mematikan penjadwalan proses mlocate ini dapat dilakukan dengan cara menghapus atau memindahkan file /etc/crond.daily/mlocate.

Dapat juga dilakukan dengan cara mematikan atribut executable dari file tersebut:

Melakukan crack file kernel Linux

Crack file yang dimaksud adalah, bahwa Linux memiliki banyak konfigurasi untuk melakukan pengaturan alokasi penggunaan memori, beserta waktu pengosongan memorinya. Proses crack file ini dilakukan terhadap file /proc/sys/vm/drop_caches. File ini, secara default akan berisi nilai 0. Pengguna, sejauh memiliki akses superuser, dapat melakukan pemaksaan pengisian file dengan isian yang lain, untuk memberikan perintah pada system agar dapat melakukan proses pengosongan memori yang sedang penuh. Berikut daftar isian untuk file drop_caches

  • 1 adalah pengosongan pagecache
  • 2 adalah pengosongan inode
  • 3 adalah pengosongan pagecache dan inode

Cara mengisikan file ini dapat dilakukan dengan perintah :

Selanjutnya memasang file ini pada konfigurasi penjadwalan (crontab) dengan waktu berkala, diawali dan diakhiri dengan perintah

. Untuk penggunaan komputer dengan memori kecil dapat dilakukan sesering mungkin. Dalam contoh ini dilakukan dalam waktu tiap dua menit. Penjadwalan dapat dilakukan dengan melakukan edit file crontab.

Pada bagian crontab akan ditambahkan isi :

Tukang panggul perangkat keras dan perangkat lunak yang memiliki hobi minum kopi, dan juga bekerja sebagai OB --Ofifice Boy serta menulis di www.bimosaurus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *